10 Sep 2019
  |  
Dilihat : 170 kali

Tolak Berobat di Luar Negeri, Tiur Berikan Dua Jempol untuk JKN-KIS

Narasumber : Bunga Tiur Sidabutar

Pematangsiantar, Jamkesnews – Bunga Tiur Sidabutar (58) atau yang akrab disapa dengan Tiur merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dengan hak rawatan pada kelas I. Kepada tim Jamkesnews, ia menceritakan sedikit pengalamannya memanfaatkan kartu KIS saat berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar pada Kamis, (05/09).

“Saya mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS sejak tahun 2015 lalu karena inisiatif saya sendiri, mengingat usia saya yang tidak muda lagi dan pastinya mudah terserang penyakit. Pada saat mendaftar pun sangat mudah, yang penting berkas yang diminta dapat dilengkapi pasti  langsung diproses oleh petugas BPJS Kesehatan. Jadi tidak ada itu daftar pake calo karena urus sendiri lebih mudah,” ujar Tiur.

Tiur juga menceritakan pengalamannya pada tahun 2017 lalu, saat dirinya menggunakan kartu KIS untuk berobat. Menurutnya, ia sudah dua kali menggunakan JKN-KIS. Pertama di tahun 2017, ia didiagnosa oleh dokter menderita tumor jinak di bagian kepala dan dokter menyarankannya agar menjalani operasi. Kedua di tahun 2018, ia kembali didiagnosa oleh dokter menderita penyakit hipertensi. Beruntung setelah berobat kondisinya berangsur lebih baik.

"Sebelum berobat menggunakan KIS saya sempat disarankan oleh anak-anak saya agar berobat ke luar negeri saja, tetapi saya tetap merasa bahwa dengan berobat di negeri sendiri saja pasti penyakit saya dapat sembuh. Hasilnya saya memang dapat sembuh dan sampai sekarang dapat beraktivitas seperti biasanya. Dokter dan perawat yang menagani penyakit saya juga ditangani dengan baik. Pokoknya dua jempol untuk program JKN–KIS ini,” ungkap wanita asal Pane Tongah, Kabupaten Simalungun ini.

Tiur juga berharap semua pihak baik itu di pemerintah, pemerintah daerah  serta masyarakat dapat terus mendukung program ini dengan baik. Karena Jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan lainnya tentunya program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini iurannya cukup  terjangkau, apalagi jika dibandingkan dengan besarnya manfaat yang diterima tidak terbatas. (hf/ah)