10 Sep 2019
  |  
Dilihat : 52 kali

Kisah Rosnani Dilayani dengan Baik Hanyak Berbekal Kartu JKN-KIS

Narasumber : Rosnani

Lubuklinggau, Jamkesnews - Menjadi Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) membuat Rosnani (61) merasakan manfaat yang luar biasa di kala sakit. Ia yang sudah sejak lama terdaftar sebagai peserta mandiri dengan bantuan anak-anaknya, tidak lagi merasa kesulitan untuk berobat.

"Saya merasa bersyukur dengan adanya program ini karena saya merasa terbantu saat sakit. Dengan adanya kartu JKN-KIS saya tidak kesulitan saat berobat," ujar Rosnani di sela istirahatnya, Senin (09/9).

Rosnani dengan suara lirih menuturkan jika sakit lambung yang dideritanya seringkali mengharuskannya untuk ke rumah sakit. Terakhir kali ia dilarikan ke IGD lantaran sakitnya kambuh. Karena sudah tidak tertahankan akhirnya Rosnani dibawa anaknya untuk segera berobat ke rumah sakit. Tapi ia tetap tenang sejak mempunyai kartu JKN-KIS sebab petugas pasti akan dengan sigap melakukan pertolongan pertama dikala dibutuhkan.

"Untung ada kartu ini, saya berobatnya jadi mudah. Kalau tidak ada kartu ini pasti akan sulit. Walaupun ada uangnya untuk berobat rasanya agak keberatan dengan biaya yang besar dan harus kami tanggung," tambah Rosnani. 

Di usia yang tidak muda lagi Rosnani sudah sering keluar masuk rumah sakit. Dari pengalaman itu, ia yakin selama mengikuti ketentuan yang berlaku dan rajin membayar iuran beliau bisa berobat saat sakit. Selama menggunakan kartu JKN-KIS, ia dan suami merasa sangat tertolong. Apalagi cukup dengan membayar iuran tepat waktu setiap bulannya, ia tidak diharuskan lagi membayar tagihan rumah sakit karena sudah ditanggung.

Mengakhiri perbincangan Rosnani mengharapkan Program JKN-KIS yang bergotong-royong untuk mempunyai perlindungan kesehatan seperti ini agar selalu ada. Ia pun mengingatkan untuk terus membayar iuran agar gotong-royong JKN-KIS dapat terwujud.

“Menurut saya program seperti ini akan sangat membantu sekali untuk orang yang sedang sakit, terlebih untuk orang yang tidak mampu berobat karena biayanya yang sangat mahal. Berobat dengan biaya mahal untuk sebagian masyarakat yang mampu tentu tidak akan menjadi masalah, namun untuk sebagian besar masyarakat yang biasa saja sepertinya Program JKN-KIS akan sangat membantu dan bermanfaat," ujarnya. (RW/na)