09 Sep 2019
  |  
Dilihat : 215 kali

Riduan Puas Dengan Pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan

Narasumber : Riduansyah

Samarinda, Jamkesnews - Deretan kursi tunggu peserta di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Samarinda Juma’at (06/09) pagi itu, satu demi satu mulai terisi oleh peserta yang mengantri. Berbagai macam keperluan peserta mulai dari pendaftaran, perubahan data, informasi, bersiap untuk dipanggil ke loket.

Riduansyah (32) salah seorang peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) pagi itu turut mengantri di deretan kursi tunggu, maksud dan tujuannya datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Samarinda ialah ia ingin memperoleh informasi tentang alur pelayanan bagi ibu hamil dan proses persalinan bagi istri tercintanya yang kini telah menginjak bulan ke enam.

“Pagi ini memang sudah saya rencanakan datang ke Kantor BPJS Kesehatan untuk meminta informasi pelayanan bagi ibu hamil dan proses persalinan, karena sebelumnya belum pernah menggunakannya, jadi dari pada salah saya langsung tanya ke sini saja (Kantor BPJS Kesehatan),” ungkap Riduan.

Riduan menceritakan pelayanan yang ia peroleh dari pintu masuk hingga memperoleh nomor antrian dan menunggu di kursi tunggu.

“Saat saya masuk disambut security dan ditanya keperluannya apa, kemudian diberi nomor antrian, dan baru sekitar lima menit menunggu antrian untuk dipanggil ke loket,” ucap karyawan salah satu BUMN ini sambil menunjukkan nomor antriannya.

Tak lama kemudian nomor antriannya terdengat di pengeras suara di panggil ke salah satu loket untuk mendapatkan layanan informasi. Setelah beberapa saat Riduan memperoleh informasi yang diinginkan, Tim Jamkesnews kembali meminta ia untuk menceritakan pengalamannya.

“Pelayanannya sangat baik, dari awal masuk, kemudian menunggu antrian yang tidak terlalu lama dan informasi yang diberikan juga saya jelas, ruangannya pun bersih dan sejuk. Sekarang saya sudah mengerti alur pelayanan bagi ibu hamil dan proses persalinan, terimakasih saya ucapkan kepada BPJS Kesehatan,” tutur Riduan dengan nada puas.

Bagi masyarakat yang memerlukan informasi seputar program JKN-KIS dapat datang langsung ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat. Selain itu, BPJS Kesehatan juga meyediakan saluran khusus yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

BPJS Kesehatan sebagai organisasi penyelenggara pelayanan publik, kinerjanya diukur dari kemampuan melayani masyarakat dengan baik, kepuasan peserta sebagai prioritas dalam setiap pemberian layanan. Fokus ini diwujudkan salah satunya  melalui peningkatan pelayanan administrasi, diantaranya dengan memberi kemudahan dan kecepatan dalam proses administrasi peserta program JKN-KIS.(KA/ej)