09 Sep 2019
  |  
Dilihat : 10 kali

SELEKTIF MENCARI KERJA, PILIH PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR BPJS KESEHATAN

Narasumber : Sukardin (29)

Buton Utara, Jamkesnews - Kabupaten Buton Utara merupakan salah satu kabupaten/kota yang telah mencapai Universal Health Coverage (UHC) dalam kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Sukardin (29) merupakan salah satu masyarakat yang sangat bersyukur karena telah didaftarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Utara sebagai Peserta JKN-KIS pada segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI). Meskipun terdaftar sebagai PBI dengan hak kelas perawatan yang paling rendah yakni kelas 3. Sukardin mengakui tidak mempermasalahkan hal tersebut.

“Tentu saya sangat bersyukur, dulunya saya mendaftarkan diri sebagai Peserta Mandiri kelas 3. Saya memilih kelas 3 karena memang saya belum memiliki pekerjaan tetap, akan tetapi meskipun begitu saya merasa bahwa jaminan kesehatan ini sangat penting, karena bagaimana saya bisa membayar rumah sakit jikalau saya tidak memiliki penghasilan. Untunglah saat ini pemerintah daerah telah mendaftarkan saya dan masyarakat lainnya sebagai tanggungan pemda,” ungkap Sukardin saat berbincang dengan Tim Jamkesnews, Senin (09/09).

Sukardin mengakui bahwa meskipun saat ini ia telah terdaftar sebagai tanggungan Pemerintah Daerah, dirinya yang masih muda selalu berusaha agar tidak menjadi beban pemerintah. Hal itu dibuktikan dengan keseriusannya mencari pekerjaan tetap.

“Saat ini saya masih berusaha mencari pekerjaan tetap. Tentunya saya ingin bekerja pada perusahaan yang selain memperhatikan kesejahteraan karyawan, juga memastikan bahwa jaminan sosial yang merupakan hak karyawan harus dipenuhi, salah satunya adalah jaminan sosial kesehatan.” Tambahnya.

Sukardi berpendapat bahwa sebagai pencari kerja dirinya tidak boleh memegang prinsip “yang penting dapat pekerjaan saja. Menurutnya pencari kerja harus mengetahui berapa upah minimal daerah serta memastikan bahwa seluruh karyawan mendapatkan jaminan sosial.

“Karena semakin sulitnya mendapatkan pekerjaan, banyak pencari kerja saat ini memiliki prinsip yang penting dapat dulu pekerjaan. Meskipun dia hanya menerima upah di bawah UMP dan tidak mendapatkan jaminan sosial. Paling penting sih kalau menurut saya BPJS Kesehatannya. Kita bisa tenang bekerja kalau kita kesehatan kita dijamin, setidaknya kalau sakit tabungan kita tidak terkuras untuk berobat,” ungkap Sukardin.

Sukardin juga mengakui bahwa selama ini dia telah beberapa kali menggunakan kartunya di Puskesmas Kioko tempat dirinya terdaftar.

“Saya sudah beberapa kali menggunakan kartu KIS ini, pelayanannya cukup baik dan tidak ribet seperti yang banyak orang bicarakan terkait pelayanan BPJS Kesehatan,” pungkasnya.