15 Agt 2019
  |  
Dilihat : 1611 kali

Cara Jitu Buru Iuran JKN-KIS

Narasumber : Yarni Mercyanti Telaumbanua

Nias, Jamkesnews - Guna memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS dalam mendapatkan informasi Program JKN-KIS dan memperluas channel pembayaran iuran JKN-KIS, BPJS Kesehatan telah membentuk mitra kerja yang disebut dengan Kader JKN. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Kader JKN diharapkan mampu memberikan pelayanan prima bagi peserta JKN-KIS yang berada di wilayah binaannya.

Yarni Mercyanti Telaumbanua adalah Kader JKN Kabupaten Nias yang sehari-hari menjalankan fungsi pendaftaran peserta, pengumpulan iuran, dan pemberian informasi kepada masyarakat. Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, Mercy selalu antusias berkunjung ke rumah-rumah warga. Kegiatan ini sehari-hari dijalaninya secara konsisten, penuh semangat, dan hati yang ihklas. Baginya menjadi Kader JKN adalah pekerjaan yang menantang dan mulia.

“Menjadi Kader JKN, harus siap melayani kebutuhan peserta. Harus siap mendengarkan keluh kesahnya. Harus siap mendengarkan curhatannya dan harus siap mengalami penolakan. Namun tidak sedikit orang yang menyambut niat baik ini dengan penuh sukacita. Dengan menjadi Kader JKN, saya telah menjadi alaram bagi orang-orang sekitar, yang mengingatkan mereka untuk menjalankan hak dan kewajibannya sebagai peserta JKN-KIS,” tuturnya, Rabu (14/08).

Ia mengakui hal tersulit menjadi Kader JKN adalah menjalankan fungsi penagihan iuran JKN-KIS. Menurutnya, banyak faktor yang melatarbelakangi, diantaranya kemampuan ekonomi masyarakat dan kemauan masyarakat dalam melakukan pembayaran iuran.

“Saya selalu menyampaikan kepada peserta, bahwa dengan membayar iuran JKN-KIS secara rutin dan tepat waktu maka keluarga akan terhindar dari besarnya biaya pelayanan kesehatan dan terhindar dari ketidakmampuan finansial keluarga dalam mengakses pelayanan kesehatan,” ungkapnya.

Dalam menjalankan tugasnya, wanita yang akrab disapa Mercy ini menyampaikan bahwa dirinya selalu memberikan pelayan prima bagi masyarakat yang sedang dilayani. Ia memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan tekanan darah bagi peserta JKN-KIS yang melakukan pembayaran iuran.

“Berhubung saya memiliki latar belakang pendidikan perawat, dan dibekali kemampuan untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah, saya berpikir mengapa tidak saya manfaatkan untuk membantu sesama. Memang, jika dipikir secara logika, pemeriksaan tekanan darah ini adalah hal yang sangat sederhama, namun saya selalu berprinsip untuk memulai kebaikan dari hal-hal yang sederhana namun bermakna. Yang terpenting, kita mau setia dengan perkara-perkara kecil, agar kita bisa diberikan perkara yang lebih besar untuk dikerjakan di kemudian hari. Saya berharap, pelayanan yang saya berikan sebagai Kader JKN, dapat memberikan manfaat bagi peserta JKN-KIS, khususnya yang berada di wilayah binaan saya,” pungkas Mercy. (hf/ty)