13 Agt 2019
  |  
Dilihat : 10 kali

Bayar Iuran JKN-KIS Sudah Jadi Kebutuhan Rutin Bulanan

Narasumber : Erma Riyanto

Magelang, Jamkesnews – Erma Riyanto (20), seorang mahasiswi sebuah universitas swasta yang ada di Kota Magelang, merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Dia bersama keluarganya memilih iuran kelas perawatan kelas III. Sejak terdaftar sebagai peserta JKN-KIS tahun 2016, dia dan keluarganya  tidak pernah sekalipun menunggak iuran.

“Sebagai peserta jaminan kesehatan, sudah menjadi kewajibannya untuk membayar iuran setiap bulan. Buat kami, bayar iuran JKN-KIS sudah sama seperti bayar kebutuhan lainnya, seperti bayar air atau listrik,” katanya, Senin (05/08).

Beberapa hari yang lalu Erma rawat inap di sebuah rumah sakit milik Pemerintah Kota Magelang. Dari pengalaman tersebut dia menyampaikan apabila seluruh dokter dan perawat yang melayani di rumah sakit semuanya ramah dan tanggap terhadap pasien.

“Saya pernah mondok di rumah sakit selama empat hari, waktu itu di vonis sakit demam berdarah. Alhamdulillah saat masuk ke rumah sakit prosesnya tidak berbelit-belit, administrasinya sangat mudah dan pelayanannya sangat ramah. Saya tidak membayangkan harus berapa rupiah yang harus saya bayarkan apabila tidak ikut Program JKN-KIS ini,” tambah perempuan yang lahir pada bulan September ini.

Tak lupa di akhir perbincangannya dengan tim Jamkesnews, ia berpesan agar peserta JKN-KIS jangan ragu untuk menggunakan JKN-KIS karena pelayananannya tidak dibeda-bedakan dan sangat mudah administrasinya.

“Bagi masyarakat yang belum mempunyai JKN-KIS, saya sarankan untuk segera mendaftar karena manfaatnya sangat besar. Bagi masyarakat yang telah menjadi peserta, mudah-mudahan rajin selalu membayar iuran setiap bulan tepat waktu agar program yang dikelola BPJS Kesehatan ini dapat selalu eksis,” tutur wanita asal Desa Banjarnegoro Kabupaten Magelang ini. (ma/wt)