12 Agt 2019
  |  
Dilihat : 8090 kali

Walau Sudah Punya KIS, Jangan Lupa Tetap Jaga Kesehatan

Narasumber : Suharno

Magelang, Jamkesnews – Suharno (57) merasa bersyukur selama ini pemerintah sangat memperhatikan masyarakat tidak mampu seperti dirinya. Dia dan istri selama ini menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Alhamdulillah, pemerintah sangat memperhatikan masyarakat seperti saya. Kalau tidak ada yang menjamin biaya kesehatan, terus kalau sakit dari mana saya harus membayar biayanya,” ujarnya, Jumat (02/08).

Profesi Suharno sebagai seorang tambal ban tentunya penghasilan sehari-harinya tidak menentu, kadang ramai namun juga kadang sepi.

“Namanya usaha jasa mas, penghasilan tidak menentu. Kadang cukup untuk makan saja, kadang bisa menyisihkan sebagian penghasilan, kadang malah nombok. Tetapi semua sangat saya syukuri, karena rezeki sudah ada yang mengatur," kata pria dua putra ini.

Meskipun demikian, dia selalu menjaga kesehatannya. Dia menceritakan setiap hari selalu minum air putih hangat dan tidak pernah merokok.

“Walau saya dan keluarga sudah ada yang menanggung biaya kesehatan, tetapi saya selalu menjaga kesehatan. Meskipun mendapatkan KIS, saya dan keluarga belum pernah menggunakannya. Harapan saya semoga semuanya tetap sehat, jadi iurannya bisa dipakai untuk membantu membiayai kesehatan peserta yang lainnya," demikian kata Warga Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara ini.

Dia juga mengharapkan agar pelayanan di Puskesmas dan Rumah Sakit terus ditingkatkan agar masyarakat percaya bahwa peserta JKN-KIS tidak dibedakan dengan peserta yang membayar dengan biaya sendiri, sehingga mereka tidak segan-segan menggunakan KIS apabila berobat.

 (ma/wt)