12 Agt 2019
  |  
Dilihat : 13 kali

Tergugah Memberikan Pelayanan dari Hati

Narasumber : Deri Oktavian

Pangkalpinang, Jamkesnews - Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat memberikan perlindungan kesehatan secara menyeluruh dan komprehensif kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang perbedaan latar belakang, usia dan keadaan kesehatan seseorang. Ini juga dirasakan oleh Deri Oktavian (25), peserta JKN-KIS yang sehari-hari berprofesi sebagai seorang perawat yang bekerja di sebuah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang.

“Sudah hampir sekitar empat tahun saya bekerja sebagai perawat dan melayani peserta BPJS Kesehatan dari berbagai macam latar belakang masyarakat,” ujar Deri membuka percakapan dengan Jamkesnews, Senin (12/08).

Walaupun mengaku belum pernah dirawat di rumah  sakit,  tetapi  Deri  telah merasakan manfaat Program JKN-KIS bagi orang tuanya.

“Orang tua saya pernah dirawat selama enam hari di RS karena sakit, tentunya khawatir dengan biaya kesehatan yang tidak sedikit, namun yang terjadi tidak ada biaya yang dibebankan kepada keluarga kami dan pelayanannya juga memuaskan,” cerita Deri.

Selain sebagai peserta, Deri juga memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS, namun Deri menyadari bahwa pelayanan yang terbaik adalah pelayanan dari hati. Tidak jarang Deri juga mendapatkan keluhan termasuk dari peserta yang mengantri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan namun hal tersebut teratasi dengan penambahan jumlah jam layanan dan menerapkan antrian secara online.

“Prinsip yang saya tanamkan dalam diri saya sendiri, berilah pelayanan yang sebaik mungkin kepada peserta sebagaimana kita memperlakukan diri sendiri. Karena jumlah peserta yang cukup banyak mencapai ratusan perhari, beberapa di antara mereka kurang sabar mengantri, namun sudah menjadi kewajiban kami untuk memberikan rasa nyaman kepada peserta. Sekarang kami menambah jam pelayanan hingga 24 jam dan menerapkan sistem antrian elektronik dalam pemanggilan pasien sehingga tidak ada lagi pasien yang menyerobot antrian,” tuturnya.

Ia pun mengaku yakin dan optimis Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah dirasakan kontribusinya secara nyata oleh seluruh masyarakat Indonesia. Program JKN–KIS merupakan program penting yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

"Semoga rakyat Indonesia mengerti akan pentingnya program ini,” harap Deri. (RW/sa)