12 Agt 2019
  |  
Dilihat : 58 kali

Lebih Baik Bergotong Royong untuk Peserta Lain daripada Kita yang Menggunakan

Narasumber : Arifin Nasution Camat Talang Kelapa

Banyuasin, Jamkesnews – Keberadaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang hadir untuk menjamin kesehatan masyarakat sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Disadari atau tidak, kehadiran Program JKN-KIS telah memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat, pelayanan kesehatan pun kini menjadi lebih adil dan merata. Pemerintah baik pusat maupun daerah pun telah sedemikian rupa berupaya menjamin kesehatan warga masyarakat, dengan mendaftarkan warga masyarakatnya ke dalam Program JKN-KIS.

Seperti diakui Camat di Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin Arifin Nasution dalam sosialisasi yang dilakukan di salah satu badan usaha di kecamatan tersebut. Ia berharap semua pegawai di badan usaha yang terdaftar di Kecamatan Talang Kelapa khususnya telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS (12/8).

“Mereka sebagai peserta JKN-KIS hendaknya tahu apa manfaat JKN-KIS itu sendiri. Kalau sudah paham, ya berdoa agar jangan sampai menggunakan kartu JKN-KIS karena lebih baik kita bergotong-royong untuk membantu peserta lain yang membutuhkan daripada kita yang menggunakan. Sehat itu mahal dan sakit akan lebih mahal lagi, karena itu kita harus tetap menjaga kesehatan,” kata Arifin, Senin (12/08).

Ia pun mengimbau kepada para peserta yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dan yang telah mengikuti sosialisasi JKN-KIS agar menyebarluaskan informasi tentang kepesertaan JKN-KIS ke semua masyarakat luas.

"Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati. Daftar JKN-KIS sekarang mumpung masih sehat. Kalau sudah jadi peserta, jangan ditunda-tunda bayar iuran setiap bulannya. Kita tidak tahu kapan sakit, jadi pastikan kartu JKN-KIS selalu aktif. Lalu, walau sudah punya JKN-KIS, jangan lupa kita harus tetap menjaga pola hidup sehat,” pesannya. (RW/md)