06 Agt 2019
  |  
Dilihat : 10856 kali

SCF Jadi Solusi Pembayaran Klaim Rumah Sakit

Narasumber : Rahmat Suryadi

Lhokseumawe, Jamkesnews - Direktur RSU MMC Lhokseumawe, Rahmat Suryadi mengatakan, pihaknya saat ini tak lagi mengalami kendala dalam hal pembayaran klaim Program JKN-KIS. Hal itu dikarenakan pihaknya sudah menggunakan fasilitas program Supply Chain Financing (SCF) untuk menalangi kekurangan anggaran operasionalnya.

“Sejak Maret 2019 lalu, kami sudah memanfaatkan fasilitas SCF, Alhamdulillah dengan adanya skema ini sangat membantu operasional kami, membantu cash flow RS MMC,” ujar Rahmat saat diwawancarai oleh tim Jamkesnews, Selasa (06/08).

Menurutnya, fasilitas SCF ini sangat membantu rumah sakit dalam hal memastikan likuiditas keuangan rumah sakit saat pengajuan dan pembayaran klaim rumah sakit masih diproses pihak BPJS Kesehatan. Lebih lanjut Rahmat mengatakan bahwa kehadiran fasilitas SCF ini sangat membantu rumah sakit.

“Kita sangat terbantu sekali, skema SCF ini merupakan salah satu solusi agar pelayanan kepada masyarakat tidak terhambat, dan operasional tetap berjalan lancar tanpa terbentur masalah keuangan, maka sudah sepatutnya rumah sakit manfaatkan fasilitas ini,” kata Rahmat.

Rahmat pun menambahkan bahwa proses pencairan dana melalui sistem anjak piutang ini sangat mudah. Tak perlu menunggu lama, dalam hitungan jam setelah pengajuan dan konfirmasi, rumah sakit dapat langsung menggunakan dana yang didapat dari bank untuk memenuhi kebutuhan operasional rumah sakit. 

“Kita rumah sakit baru, cash flow pun masih agak minim, sedangkan tak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan kami banyak sekali, Alhamdulillah sekali kita terbantu dengan SCF,” ujar Rahmat.

Program SCF merupakan fasilitas bagi faskes/rumah sakit mitra BPJS Kesehatan berupa program pembiayaan yang melibatkan perbankan untuk membantu percepatan penerimaan pembayaran klaim pelayanan kesehatan melalui pengambil-alihan invoice sebelum jatuh tempo pembayaran. Dengan program ini pihak perbankan akan menalangi terlebih dahulu tagihan dari rumah sakit mitra BPJS Kesehatan sehingga cash flow rumah sakit tetap terjaga dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak terganggu. (hf/pm)