11 Jul 2019
  |  
Dilihat : 85 kali

Jadi Anak Rantau Kartu JKN-KIS Harus Selalu Aktif

Narasumber : Yolanda Kaiba

Sorong, Jamkesnews – Sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) wajib memastikan kartu miliknya harus selalu aktif terutama peserta Mandiri/Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang iurannya harus selalu terbayarkan setiap bulannya. Seperti yang dirasakan mahasiswi rantauan di Semarang, Yolanda Kaiba yang telah memasuki tahun ke empatnya berkuliah di Universitas Diponegoro Semarang.

Yolanda panggilannya, saat ditemui tim Jamkesnews tengah berada di sorong, Rabu (10/07) dikarenakan masih dalam suasana liburan semester menceritakan pengalamannya sebagai peserta JKN-KIS selama ditanah rantau. Menurutnya, seluruh mahasiswa/i sepertinya wajib memiliki kartu JKN-KIS dan memastikan keaktifan kartunya untuk menjamin kesehatan mereka ketika berada jauh dari keluarga.

“Rutinitas mahasiswa kadang sibuk kuliah, tugas sampai kadang lupa memikirkan kesehatan, pola hidup dan makanan. Sepengalaman saya, kadang suka sakit tiba-tiba dan kalau begitu orang tua suka panik tentang perawatannya dan biaya. Tapi dengan adanya Kartu JKN-KIS ini dapat mengurangi beban dan khawatir orang tua kalau jauh,” ungkap mahasiswi Jurusan Promosi Keselamatan dan Kesehatan Kerja ini.

Wanita yang merupakan peserta JKN-KIS segmen Mandiri/PBPU ini mengaku hampir tidak pernah menunggak iuran kartu JKN-KIS miliknya karena ia merasa kesehatannya yang terpenting sehingga ketika sewaktu-waktu ia mengalami sakit, ia dapat dengan mudah dan cepat mendapatkan haknya sebagai peserta JKN-KIS tanpa mengalami kendala seperti menunggak.

“Malu kalau nunggak, apalagi anak rantau seperti saya yang sangat membutuhkan Kartu JKN-KIS ini. Jadi memang harus selalu dipastikan aktif kartunya,” jelas Yolanda.

Lanjutnya, Ia pun mengagumi inovasi Aplikasi Mobile JKN yang mengikuti perkembangan teknologi dizaman sekarang dan mengapresiasi upaya-upaya BPJS Kesehatan dalam membuat seluruh pesertanya merasa mendapatkan pelayanan yang terbaik.

“Pertama kali saya diberitahu tentang aplikasi Mobile JKN ini saya sangat kagum karena semua fitur-fiturnya sangat bermanfaat untuk saya yang inginnya semuanya serba cepat dan online. Kita dapat lebih mudah mengakses jika ingin melakukan perubahan data, mengontrol iuran, mengetahui lokasi fasilitas kesehatan, dan masih banyak lagi tanpa harus repot-repot antri di Kantor Cabang,” kagum Yolanda.

Yolanda berharap kedepannya semakin banyak perkembangan untuk Program JKN-KIS sehingga dapat terus eksis dan memberikan manfaat kepada seluruh pesertanya. Tak lupa ia mengajak seluruh peserta JKN-KIS untuk turut membayar iuran setiap bulannya secara rutin agar kartu JKN-KIS tersebut dapat terus aktif dan dapat digunakan setiap saat dibutuhkan. (TR/ws)