08 Jul 2019
  |  
Dilihat : 2965 kali

Pengunjung Stan BPJS Kesehatan di Pekan Budaya Rasakan Manfaat Mobile JKN

Narasumber :

Kediri, Jamkesnews - Stan BPJS Kesehatan di “Zona Pembangunan dan Investasi Kepariwisataan” pada Pekan Budaya dan Pariwisata Kediri terpantau ramai dikunjungi masyarakat (7/7). Relationship Officer BPJS Kesehatan KC Kediri Dewi Hernowati yang kala itu bertugas menyampaikan bahwa data kunjungan hingga malam hari mencapai ratusan orang.

“Antusiasme masyarakat untuk berkunjung ke Pekan Budaya sangat tnggi dan meningkat dari tahun sebelumnya. Pada stan kami sendiri terdata sudah 93 kali kunjungan, 67 diantaranya menanyakan syarat pendaftaran JKN-KIS. Kami juga menerima pendaftaran di tempat tetapi calon peserta tidak membawa persyaratan sehingga diedukasi untuk melakukan pendaftaran online melalui aplikasi Mobile JKN. Pengoperasiannya mudah dan cepat,” ujar Dewi.

Salah satu hal menarik yang tampak dari stan BPJS Kesehatan adalah pemberian souvenir untuk pengunjung yang sukses mengunduh dan login Aplikasi Mobile JKN. Dewi menyampaikan bahwa hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan minat peserta untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN.

 “Hampir seluruh kebutuhan dasar peserta diakomodir melalui aplikasi Mobile JKN. Mulai dari pendaftaran, cek tagihan, perubahan data, hingga pindah faskes bisa melalui aplikasi Mobile JKN. Khusus peserta yang mengunduh ditempat sambil dipandu penggunaannya oleh petugas jaga, kami sudah siapkan souvenir. Kebetulan BPJS Kesehatan juga berulang tahun ke-51,” tambah Dewi.

Melani, salah satu pengunjung stand BPJS Kesehatan menyampaikan apresiasi atas kemudahan penggunaan aplikasi Mobile JKN. Wanita yang baru menikah ini mengaku sudah mengunduh aplikasi ini sejak awal tahun.

“Bagi saya yang terpenting adalah penjelasan tentang hak dan kewajiban peserta. Di aplikasi ada beberapa bacaan terkait itu. Saat ini kami sedang mempersiapkan kelahiran anak pertama. Kemarin saya sudah menggunakan layanan JKN-KIS untuk pengecekan kandungan di RS setelah mendapat rujukan dari FKTP. Saya merencanakan kelahiran di kampung halaman, untuk itu saya perlu memindahkan faskes sebelum melahirkan. Ternyata bisa menggunakan Mobile JKN. Tidak perlu antri di kantor BPJS,” terang Melani.

Hingga saat ini pengguna Mobile JKN di wilayah kerja BPJS Kesehatan KC Kediri mencapai 54.897 orang. Angka tersebut tersebar di wilayah Kediri, Nganjuk dan Blitar. Distribusi pengunduh terbanyak adalah wilayah Kabupaten Kediri, yakni mencapai 23.092 kali unduh dan terverifikas.i (ar/sw)