11 Jun 2019
  |  
Dilihat : 528 kali

Ternyata Jadi Peserta JKN-KIS Itu Sangat Mudah dan Cepat

Narasumber : Yosvita Risa

Wamena, Jamkesnews - Mendengar dari khalayak ramai kalau melakukan pengurusan itu lama tapi hari ini Yosvita Risa (25) mematahkan hal itu dengan langsung mendatangi  Kantor BPJS Kesehatan yang ada di Wamena. Ini merupakan pengalaman pertamanya datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Wamena.

Terlihat jelas dari wajah Yosvita rasa puas saat diwawancarai oleh tim Jamkesnews usai menerima pelayanan pada Selasa (11/06).

“Ini kali pertama saya datang di Kantor BPJS Kesehatan. Disini saya mendaftar sebagai peserta mandiri. Tidak ribet kok, saya dilayani dengan cepat dan sangat baik. Ternyata jadi peserta JKN-KIS itu mudah yah asal kita rutin membayar iuran JKN-KIS,” ujarnya dengan tersenyum ramah.

Ia mengakui dan akhirnya berinisiatif untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS agar ia dapat terlindungi dan mendapatkan jaminan kesehatan. Berbekal pengalaman sebelumnya, ketika ia sakit, ia terpaksa membayar secara swasta dan itu tidak murah. Di sisi lain, bagi dia yang sedang mencari pekerjaan, menjadi peserta JKN-KIS untuk saat ini menjadi persyaratan mutlak.

“Saya melamar pekerjaan dan salah satu persyaratan utamanya yaitu saya harus memiliki kartu JKN-KIS. Kartu JKN-KIS ini saya buat juga supaya kalau tidak diminta- minta tiba-tiba saya sakit di perantauan maka saya memperoleh jaminan kesehatan dan tidak membayar swasta lagi,” imbuhnya.

Ia mendaftarkan dirinya menjadi peserta pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dengan memilih hak rawat  kelas II dengan iuran 51.000/bulannya dengan hanya melampirkan fotocopy  Kartu tanda Penduduk (KTP), fotocopy Kartu Keluarga (KK), fotocopy   Tabungan Rekening Bank dan juga ia membawa materai 6000 untuk melakukan pengurusan autodebit langsung.

“Semuanya mudah, praktis dan sangat cepat. Petugasnya juga sangat ramah dan membantu, mulai saat saya masuk di temui satpam sampai saya diarahkan ke loket dan dilayani sangat ramah,” ungkapnya.

Yosvita  berharap, semoga pelayanan BPJS Kesehatan kepada masyarakat baik yang di dalam kantor maupun di lapangan agar dapat dipertahankan atau lebih ditingkatkan lagi.

BPJS Kesehatan sebagai instansi yang terus berusaha memberikan pelayanan yang baik dan lebih prima kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di Indonesia. Semuanya semata-mata untuk kepuasan dan kesehatan peserta JKN-KIS. BPJS Kesehatan juga terus menggodok terciptanya inovasi-inovasi yang tentunya dapat memudahkan peserta dalam menerima pelayanan dengan baik. (TR/aa)