11 Jun 2019
  |  
Dilihat : 65 kali

Buruh Perkebunan Ini Tidak Merasa Ada Diskriminasi Pelayanan JKN-KIS

Narasumber : Sunarko Fauzi, Peserta PBI APBD

Metro, Jamkesnews -  Hadirnya program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak tahun 2014 telah memberikan perubahan dalam sistem kesehatan di Indonesia. Program JKN-KIS telah memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang layak.

Dulu, biaya pelayanan kesehatan yang cukup tinggi menjadikan masyarakat sulit untuk mengakses pelayanan kesehatan yang baik. Namun saat ini dengan adanya program JKN-KIS yang menggunakan sistem gotong royong telah menjadi solusi bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih laik.

Begitu juga yang dirasakan oleh Sunarko Fauzi (43), Warga Kelurahan Karangrejo Kecamatan Metro Utara yang bekerja sebagai seorang buruh perkebunan itu pun menyadari, untuk mendapatkan hidup yang layak bukan hanya dengan memenuhi kebutuhan pokok sandang, pangan, papan, namun juga jaminan atas kesehatan.

Alhamdulillah beberapa kali saya menggunakan kartu JKN-KIS dan dilayani dengan sangat baik,” ujar Sunarko.

Bapak dua anak yang akrab disapa Narko tersebut menuturkan, banyak manfaat yang diperoleh sebagai Peserta JKN-KIS.

“Istri dan anak saya sudah dua kali menggunakan JKN-KIS. Pertama ketika istri saya sakit demam, kemudian ketika anak saya harus menjalani rawat inap di Puskesmas, Alhamdulillah semuanya  terbantu oleh kartu sakti ini. Pokoknya kalau menjadi Peserta JKN-KIS ini kita akan aman dan terlindungi ketika sakit,” ujarnya.

Saat ditanya mengenai prosedur pelayanan kesehatan, Sunarko menuturkan bahwa pelayanan kesehatan pada era JKN-KIS ini sudah semakin membaik.

“Pelayanan di fasilitas kesehatan menurut saya sudah baik, tidak ada perbedaan pelayanan antara pasien umum dengan pasien yang menggunakan JKN-KIS. Petugasnya juga ramah dan cekatan. Ruang tunggunya juga memadai sehingga membuat kami nyaman menunggu antrian. Yang terpenting adalah kita harus memahami dan mengikuti prosedur yang berlaku, maka semua akan berjalan baik. Harapan saya semoga program JKN-KIS ini dapat terus berjalan dan memberikan layanan terbaik untuk pesertanya. (FR/be)