31 Mei 2019
  |  
Dilihat : 73 kali

Program JKN-KIS, Bantu Sudibyo Obati Hipertensi

Narasumber : Sudibyo-Peserta (Penerima Pensiun TNI)

Jakarta Barat, Jamkesnews - Menjadi Pensiun TNI membuat Sudibyo (61) semakin yakin dalam mengabdi kepada negara dan selalu yakin dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Selama ini, Sudibyo dan keluarga selalu setia menggunakan Askes dan sejak beralih menjadi BPJS Kesehatan, Sudibyo pun masih melanjutkan kepesertaannya dengan melakukan pengecekan kepesertaannya sejak pertama kali BPJS Kesehatan berdiri.

“Selama ini saya selalu berobat ke rumah sakit untuk penyakit hipertensi saya. Saya tidak lega karena tidak perlu khawatir untuk membayar pada saat membutuhkan perawatan. Program ini tidak hanya untuk saya saja tapi juga untuk keluarga saya. Kami tidak memerlukan dan memiliki asuransi lain karena Program JKN-KIS saja sudah cukup,” kata Sudibyo pada saat ditemui Tim Jamkesnews pada Jumat (31/05).

Sudibyo pernah dirawat di rumah sakit karena hipertensi yang dimilikinya. Ia pun control di rumah sakit yang sama atas penyakit yang dideritanya. Rumah sakit yang dituju tidak jauh dari rumahnya berada, sehingga akses kesehatan menjadi mudah baginya dan keluarganya.

Sudibyo menjelaskan bahwa selama ini pelayanan yang diberikan kepada peserta Program JKN-KIS oleh tenaga kesehatan rumah sakit sangat baik. Sudibyo pun dirawat sesuai dengan hak kelas rawatnya dan pelayananannya pun tidak ada bedanya dengan pasien lain yang membayar sendiri. Hal ini semakin meyakinkan Sudibyo untuk terus menggunakan Program JKN-KIS. Sudibyo mengaku bahwa untuk keluarganya, Sudibyo telah mendaftarkan dirinya dan keluarganya pada Program JKN-KIS walaupun anak-anaknya yang sudah bekerja harus terdaftar secara terpisah dari Sudibyo dan istrinya.

“Yang pasti saya dan istri saya memastikan bahwa anak-anak kami telah menjadi peserta JKN-KIS. Jika kami memerlukan pengobatan maupun perawatan kesehatan dari tenaga kesehatan, kami akan menggunakan Program JKN-KIS tanpa ragu,” ucap Sudibyo dengan yakin.

Sudibyo berharap BPJS Kesehatan dapat selalu menjadi lebih baik, senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi peserta sesuai dengan kebutuhan pasien, dan dapat selalu membantu masyarakat. Sehingga, Peserta dapat menjadi lebih nyaman dalam berobat tanpa harus khawatir mengenai kebutuhan medisnya dan pedanaan untuk melakukan pembayaran bagi pelayanan kesehatan yang diterimanya. (NA/dn)