15 Mei 2019
  |  
Dilihat : 28 kali

JKN-KIS Sudah Sangat Dirasakan Kusmalasari Sejak Awal Kehamilan Hingga Melahirkan

Narasumber : Kusmalasari

Sarmi, Jamkesnews - Hadirnya Program JKN-KIS ini terasa sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Seperti yang dirasakan Kusmalasari (34) merupakan ibu rumah tangga yang tinggal di Jalan Inpres Sarmi Kota, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua. Ia beserta orang tua dan adik-adiknya merupakan peserta JKN-KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI-APBN) yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah Pusat. 

Saat berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Sarmi, terlihat dari wajahnya sangat bahagia saat berbincang dengan tim Jamkesnews, Rabu (15/05), Sari mulai berbagi pengalaman pada saat menggunakan JKN-KIS.

"Program JKN-KIS sangat membantu bagi masyarakat Indonesia khususnya para ibu-ibu hamil, saya sendiri sudah merasakan manfaatnya, sejak hamil sampai dengan melahirkan di rumah sakit tanpa ada biaya sepeserpun yang keluar saya hanya membawa kartu JKN-KIS saja. Pelayanannyapun sangat baik tidak ada bedanya dengan pasien umum lainnya. Tak perlu stres untuk memikirkan biaya persalinan bahkan sampai berpikir untuk jual harta benda demi menutupinya karena Program JKN-KIS akan menjamin biaya persalinan selama mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku," ujarnya.

Sari berharap kenyamanan seperti ini dapat dinikmati oleh masyarakat khususnya peserta JKN-KIS lainnya secara berkelanjutan. Program pemerintah ini menurutnya sangat diperlukan bagi masyarakat seperti dirinya. Dengan pengalamannya ini, ia berharap masyarakat yang belum menjadi peserta JKN-KIS dapat segera mendaftarkan dirinya, sebab sakit bisa datang kapan saja dan biaya serta kondisi keuangan belum tentu cukup untuk membiayai pengobatan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan BPJS Kesehatan, Puskesmas dan rumah sakit. Saya berharap kita yang telah menerima bantuan atau jaminan kesehatan baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah agar dimanfaatkan kartunya dengan sebaik-baiknya dengan mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah maupun Fasilitas Kesehtan,” harapnya.

Sebagai masyarakat yang baik itu sudah sepatutnya mendukung dan berpartisipasi menjaga keberlangsungan program yang sangat mulia dan berarti bagi orang banyak ini, semoga masyarakat yang terdaftar sebagai Peserta Mandiri untuk rutin membayar Iuran bulanannya sesuai dengan kewajibannya pada saat mendftarkan dirinya sebagai peserta JKN-KIS," kata Sari. (TR/jr)