15 Apr 2019
  |  
Dilihat : 45 kali

PUSKEMAS PATAS BERIKAN PELAYANAN JKN-KIS YANG BERKUALITAS

Narasumber : Tri Eka

Buntok, Jamkesnews – Terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak 2014 silam, Tri Eka (40) merasa puas akan pelayanan yang telah diberikan. Puskesmas Patas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama ia terdaftar membuatnya terkesan.

“Dari pertama saya terdaftar di program JKN-KIS dari 5 tahun silam tidak pernah sama sekali pelayanannya mengecewakan. Mulai dari pengobatan saya sendiri mapun suami, pelayanan di Puskesmas Patas tidak ada berbelit-belit, semua terlayani dengan baik,” ungkap perempuan yang akrab dipanggil Tri ini saat ditemui oleh tim Jamkesnews di kediamannya Buntok, Kalimantan Tengah, Rabu (10/04).

Kesibukannya  sebagai guru Pegawai Negeri Sipil di SDN 1 Patas 1 Buntok tentu membuatnya tak punya banyak waktu untuk berlama-lama meninggalkan pekerjaannya sedangkan pemeriksaan kesehatan harus terus Ia jalani.

“Saya kontrol pemeriksaan darah untuk cek hipertensi rutin setiap bulan, kadang dihari kerja ijin untuk ke puskesmas dan saya tak perlu khawatir menunggu lama karena pelayanannya cepat,” lanjut Tri.

Sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama, Puskesmas Patas memberikan pelayanan kesehatan perorangan yang bersifat nonspesialistik untuk keperluan observasi, promotif, preventif, diagnosis, perawatan, pengobatan, atau pelayanan kesehatan lainnya. Selain pemeriksaan dan pengobatan rutin yang Tri jalani, suaminya juga sempat dirawat Inap di Puskesmas Patas dengan menggunakan kartu JKN-KIS.

“Suami saya juga sempat dirawat inap di puskesmas selama 2 hari dan bersyukur tuntas di fasilitas kesehatan tingkat pertama saja, peralatannya sudah cukup lengkap, pelayanan kesehatan yang berkualitas sudah dapat tergambar dari pelayanannya, tidak terbayang jika harus dirujuk kerumah sakit dan menempuh perjalanan sekitar 2 jam lamanya,” ucapnya.

Tri berharap pelayanan pada program JKN-KIS dapat diterus ditingkatkan dengan tidak terlepas dari dukungan fasilitas kesehatan.

“Selain biaya berobat yang dijamin JKN-KIS secara gratis, pelayanan memuaskan yang saya dapatkan merupakan salah satu manfaat yang  istimewa dari program JKN-KIS, kedepan semoga dapat selalu ditingkatkan dengan tidak terlepas dari dukungan fasilitas kesehatan dalam memberikan pelayanan bagi setiap peserta JKN-KIS,” tutup Tri. (KA/hk)