15 Apr 2019
  |  
Dilihat : 37 kali

Program JKN-KIS Harapan Hidup Bagi Setiap Keluarga

Narasumber : Marlen

Muara Teweh, Jamkesnews – Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terbukti telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Setiap pemeriksaan hingga pengobatan penyakit dijamin berdasarkan prosedur dan indikasi medisnya. Marlen (54) menyebutkan bahwa program JKN-KIS telah berhasil membuat banyak orang terharu karena merasa sangat terbantu tanpa harus mengeluarkan biaya yang belum tentu semua orang mampu untuk membayarnya.

Berprofesi sebagai perawat di ruang Persalinan RSUD Muara Teweh, Marlen menjadi saksi akan banyaknya peserta yang telah merasakan manfaat dari program JKN-KIS terutama pada kasus persalinan.

“Program JKN-KIS menjadi harapan hidup bagi setiap keluarga,  tidak terhitung lagi banyak persalinan yang telah dijamin oleh JKN-KIS, dalam kasus tertentu melahirkan tidak selalu normal adakalanya dengan operasi caesar dan tindakan lain yang tentu secara ekonomi dapat menghabiskan biaya besar,” ungkapnya kepada Tim Jamkesnews saat ditemui di RSUD Muara Teweh, Rabu (10/04).

Marlen menyampaikan ucapan terima kasih dari peserta JKN-KIS yang selama ini merasa puas akan pelayanan yang diberikan.

“Kepada saya, peserta JKN-KIS baik dari segmen penerima bantuan iuran hingga peserta mandiri menitipkan ungkapan terima kasihnya atas terselenggaranya program JKN-KIS, saya merasa bangga karena dapat memberikan pelayanan terbaik kepada peserta dan ucapan terima kasih dari mereka membuat kita merasa menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama,” ucap Marlen sambil tersenyum.

Hal tersebut menjadi alasan Marlen terus bahagia dalam menjalankan tugasnya. Perasaan yang senang dalam bertugas menjadi modal utamanya dalam memberikan pelayanan.

“Program JKN-KIS berkualitas dan tanpa diskriminasi harus kita dukung dengan tidak ada pembeda-bedaan dalam pemberian layanan, semua harus dilayani dengan hati yang tulus dan ikhlas,” lanjut Marlen.

Menutup pembicaraan, Marlen menunjukkan aplikasi mobile JKN yang telah terpasang di smartphone-nya.

“Bila pelayanan kesehatannya sudah memuaskan, pelayanan administrasinya sekarang juga semakin mudah. Dulu sering antri hanya untuk cek status kepesertaan atau pindah fasilitas kesehatan tingkat pertama sekarang cukup hanya dengan aplikasi mobile JKN, semuanya ada dalam genggaman. Sukses terus program JKN-KIS,” tutup Marlen. (KA/hk)