14 Mar 2019
  |  
Dilihat : 19 kali

JKN-KIS Buat Semua Orang Dapatkan Pelayanan Kesehatan yang Adil

Narasumber : Rusandi – Karyawan Swasta

Depok, Jamkesnews - Rusandi (46) adalah seorang karyawan swasta. Pria yang tinggal di Bulak Barat Kota Depok tersebut terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan sejak bulan November 2017 lalu bersama dengan istri dan 3 orang anaknya.

Saat ini Rusandi dan keluarganya terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dengan fasilitas kesehatan tingkat pertama terdaftar di Klinik Pratama Rawat Jalan (KPRJ) Bahar Medika. Rusandi mengungkapkan bahwa mendaftar sebagai peserta JKN-KIS sangat mudah. Prosesnya pun sangat cepat. Apalagi saat ini sudah banyak kanal pendaftaran yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan.

“Sejak terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, saya belum pernah menggunakan Kartu JKN-KIS untuk berobat. Meski demikian, saya tidak pernah merasa rugi untuk membayar iuran JKN-KIS. Saya jadikan ini sebagai jaminan perlindungan kesehatan sekaligus sebagai ladang amal membantu sesama. Saya bahkan berharap untuk tidak pernah menggunakannya karena berarti saya sehat terus,” ungkap Rusandi kepada Jamkesnews, Rabu (13/03).

Rusandi mengungkapkan bahwa Program JKN-KIS merupakan program yang sangat baik. Melalui program ini, semua kalangan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih baik. Inilah bukti kehadiran pemerintah membantu rakyatnya.

“Lewat Program JKN-KIS, Pemerintah telah memastikan seluruh penduduk Indonesia dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang adil. Kini semua orang yang tidak mampu pun dapat berobat dengan baik tanpa harus memikirkan biaya pelayanan kesehatan yang begitu mahal. Pelayanannya juga tidak dibedakan satu sama lain,” ungkap Rusandi. 

Rusandi berharap Program JKN-KIS dapat terus dikembangkan agar dapat berjalan dengan optimal, sehingga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat. Ia pun mengajak agar masyarakat yang belum terdaftar untuk segera mendaftarkan dirinya sebagai peserta JKN-KIS agar memiliki jaminan perlindungan kesehatan.

“Sakit bisa datang kapan saja, jadi memiliki JKN-KIS sebagai jaminan perlindungan kesehatan adalah hal yang wajib. Apalagi iuran JKN-KIS sangat terjangkau. Namun jangan pernah merasa rugi membayar iuran kalau belum pernah menggunakannya. Justru sebaliknya selalu berharap untuk tidak pernah menggunakannya dan menjadikan itu sebagai ladang amal karena telah membantu sesama,” tutup Rusandi. (DT/mr)