14 Mar 2019
  |  
Dilihat : 60 kali

Tak Alami Kendala Apapun Saat Berobat

Narasumber : Martini – Ibu Rumah Tangga

Depok, Jamkesnews - Martini (47) adalah seorang ibu rumah tangga asal Kecamatan Beji, Kota Depok, yang telah menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak tahun 2016 bersama suami dan kedua orang anaknya. Saat ini seluruh keluarga Martini telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Martini mengungkapkan bahwa selama terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, ia dan keluarganya telah beberapa kali menggunakan kartu miliknya untuk berobat. Baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat ia terdaftar yaitu di Puskesmas Tanah Baru, maupun di rumah sakit.

Martini mengungkapkan bahwa selama ia dan keluarganya berobat dengan menggunakan JKN-KIS, ia selalu memperoleh pelayanan yang sangat baik. Dokter dan perawat melayani dengan sangat baik. Ia pun tak mengalami kendala selama berobat dengan JKN-KIS.

“Kami sekeluarga telah beberapa kali menggunakan kartu JKN-KIS kami untuk berobat. Saya kebetulan merupakan pasien hipertensi jadi sering menggunakan JKN-KIS untuk kontrol di Puskesmas. Tahun 2017 lalu suami saya juga menggunakan JKN-KIS untuk operasi hernia di Rumah Sakit Umum Bhakti Yudha. Selama berobat dengan JKN-KIS, kami dilayani dengan baik. Kami juga tidak mengeluarkan biaya sama sekali ketika berobat. Termasuk ketika operasi hernia suami saya. Semua di-cover oleh BPJS Kesehatan,” ungkap Martini kepada Jamkesnews, Rabu (13/03).

Menurutnya, kehadiran Program JKN-KIS telah sangat membantu dirinya dan keluarganya untuk berobat dengan baik. Biaya kesehatan yang baik yang tentu begitu mahal kini dapat ia rasakan tanpa harus memikirkan masalah biaya, sehingga ia dapat berobat dengan aman dan nyaman. Martini berharap agar Program JKN-KIS terus dikembangkan, sehingga dapat berjalan dengan optimal agar dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat. Ia pun berharap agar semua fasilitas kesehatan dapat bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada seluruh peserta JKN-KIS.

“Alhamdulillah kami sangat terbantu dengan Program JKN-KIS. Semoga orang lain juga merasakan manfaat yang kami rasakan di kala sakit. Kami beruntung telah menjadi peserta JKN-KIS,” ungkap Martini.

 (DT/mr)