12 Feb 2019
  |  
Dilihat : 146 kali

Ingin Proteksi Diri, Aldo Daftar JKN-KIS

Narasumber : Reynaldo Luther Situmorang – Mahasiswa

Depok, Jamkesnews - Reynaldo Luther Situmorang (21) adalah seorang mahasiswa di salah satu Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP). Pria yang beralamat di Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok tersebut merupakan peserta Program Jaminan kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Pria yang akrab disapa dengan nama Aldo tersebut mengatakan bahwa ia dan keluarganya telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sejak tahun 2016 lalu. Sadar akan pentingnya jaminan kesehatan merupakan alasan utama Aldo dan keluarga mendaftar sebagai peserta JKN-KIS. Meski telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sejak 3 tahun lalu, Aldo belum pernah menggunakan Kartu JKN-KIS miliknya untuk berobat. Meski demikian, tak pernah sekalipun Aldo merasa rugi.

“Meski belum pernah menggunakan Kartu JKN-KIS untuk berobat, saya tidak pernah merasa rugi mendaftar sebagai peserta JKN-KIS, karena saya dan keluarga sadar betul pentingnya JKN-KIS sebagai bentuk perlindungan diri. Sakit bisa datang kapan saja, jadi memiliki jaminan perlindugan kesehatan sebagai bentuk proteksi diri itu merupakan suatu keharusan,” ujar Aldo saat ditemui tim Jamkesnews, Selasa (12/02).

Aldo mengungkapkan bahwa walaupun ia belum pernah menggunakan Kartu JKN-KIS, namun ia dan keluarga telah melihat sendiri dari tetangga dan kerabatnya tentang manfaat Program JKN-KIS yang begitu besar dan sangat membantu mereka dikala mereka sakit. Hal itu pun semakin memperkuat keyakinan Aldo terhadap Program JKN-KIS.

“Saya memang belum pernah menggunakan, namun kerabat dan tetangga saya sudah banyak yang pernah menggunakan. JKN-KIS ini sangat membantu mereka terutama dalam hal finansial, sehingga mereka dapat berobat dengan baik tanpa harus memikirkan biaya. Pelayanan yang diterima oleh mereka pun sangat baik dan tak ada bedanya dengan pasien lainnya,” tegas Aldo.

Aldo berharap agar Program JKN-KIS terus dikembangkan karena terbukti sangat membantu masyarakat. Ia pun mengajak kepada semua orang yang belum terdaftar untuk segera mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS agar memiliki jaminan perlindungan kesehatan.

“Bagi saya, JKN-KIS itu murah dan manfaatnya luar biasa. Dengan adanya JKN-KIS pun, maka hidup menjadi lebih sehat dan aman. Jadi memiliki Kartu JKN-KIS itu adalah suatu keharusan,” tutup Aldo. (DT/mr)