11 Jan 2019
  |  
Dilihat : 118 kali

Walau Kondisi Geografis Sulit, Pemda Yalimo Tambah 5000 Penduduknya Dalam Program JKN-KIS

Yalimo, Jamkesnews -  BPJS Kesehatan Cabang Wamena menyerahkan 5000 kartu peserta JKN-KIS kepada Pemerintah Kabupaten Yalimo. Hal tersebut sebagai tindak lanjut Perjanjian Kerjasama antara pemkab Yalimo dan  BPJS Kesehatan pada 28 Desember 2018 dimana Pemkab mengikutsertakan 5000 penduduknya ke dalam Program Jaminan Kesehatan Daerah atau Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang sumber pembiayaannya dari APBD tahun 2019. Kartu diterima langsung oleh oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Yalimo Yunus Sambon, Kamis (10/01).

“Sebagai kabupaten ketiga di wilayah Pegunungan Tengah Provinsi Papua, kami mengapresiasi komitmen Pemkab Yalimo dan pengalokasian anggaran ini di tahun 2019 merupakan wujud nyata untuk memberi perlindungan sosial dalam menjamin kesehatan masyarakatnya, serta andil dalam mendukung program nasional JKN-KIS,” ungkap apresiasi Ivan Ravian.

Lebih lanjut, Ivan menyampaikan bahwa Kabupaten Yalimo dengan kondisi geografis yang sulit yang hanya dapat diakses dengan menggunakan transportasi darat dan udara serta kehidupan ekonomi masyarakatnya yang mayoritas adalah bertani. "Suatu loncatan besar yang patut diapresiasi dan ini merupakan suatu tantangan tersendiri dimana dari awal proses yang melibatkan berbagai pihak lintas sektoral yang cukup panjang, tapi semua itu dapat difasilitasi dengan baik oleh pemerintah Kabupaten Yalimo sehingga perjanjian kerjasama PBI APBD ini bisa terwujud dan saat ini kartu kepesertaan JKN-KIS bagi masyarakat yang terdaftar dapat di distribusikan kepada masyarkat yang telah didaftarkan," ujar Ivan.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Yalimo beserta masyarakat menerima dengan baik program JKN-KIS, sebab masyarakat yang kurang mampu tidak perlu kuatir untuk berobat karena keterbatasan biaya. Mereka sangat membutuhkan jaminan kesehatan terkhususnya masyarakat kami yang tersebar di pedalaman dibalik-balik gunung dan lembah yang untuk menjangkau mereka saja kami mengalami kesulitan komunikasi dan transportasi,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Yalimo Yunus.

Setelah penyerahan kartu, sosialisasi langsung juga dilakukan oleh BPJS Kesehatan kepada masyarakat yang berada di Kabupaten Yalimo untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap Program JKN KIS. Terhitung hingga saat ini masyarakat yang sudah terjamin program, JKN-KIS di Kabupaten Yalimo sebesar 55.359 Jiwa dari total penduduk 120.121 atau sebesar 46,09%. (TR/aa)