11 Jan 2019
  |  
Dilihat : 97 kali

Pemkot Magelang Pastikan Warganya Dapat Jaminan Kesehatan Tanpa Diskriminasi

Magelang, Jamkesnews – Komitmen Walikota Magelang untuk memberikan jaminan kesehatan bagi warganya telah diwujudkan dengan mendaftarkan penduduk Kota Magelang ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Pada 1 Desember 2018 kepesertaan program JKN-KIS Kota Magelang telah mencapai 96,82 persen dari total penduduk.

Sebagai apresiasi terhadap komitmen tersebut, Deputi Direksi Wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Aris Jatmiko menyerahkan Piagam Universal Health Coverage (UHC) kepada Walikota Magelang Sigit Widyonindito pada acara Pengukuhan Ketua RT/RW Masa Bakti 2019-2021 dan Pengukuhan Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Magelang Masa Bakti 2018-2023 di Gedung Olah Raga Samapta Kota Magelang, Kamis (10/01).

Walikota Magelang Sigit Widyinindito, dalam sambutannya menyampaikan Komitmen Pemerintah untuk menyejahterakan warganya dengan membangun sarana dan prasarana kesehatan. Menurutnya Program JKN-KIS ini sangat menguntungkan bagi masyarakat. Pemerintah Kota Magelang telah menganggarkan untuk pendaftaran peserta ke dalam program JKN-KIS termasuk bayi baru lahir. Dukungan Pemerintah Kota Magelang juga diwujudkan dengan mewajibkan seluruh badan usaha dan pemberi kerja di wilayah Kota Magelang untuk mendaftarkan seluruh pekerjanya.

“Masyarakat tidak perlu khawatir lagi dengan biaya kesehatan karena sudah memiliki JKN-KIS. Meskipun begitu masyarakat tetap wajib menjaga kesehatan. Pemerintah Kota Magelang serius membangun sarana kesehatan. Kamu juga telah melakukan pengembangan ruang rumah sakit tahun 2019 ini agar pelayanan lebih nyaman. Dengan terdaftar sebagai peserta program JKN-KIS, masyarakat akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang setara di fasilitas kesehatan, tidak akan dibeda-bedakan, jadi tidak perlu khawatir saat berobat,” tuturnya.

Deputi Direksi Wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Aris Jatmiko mengapresiasi Pemerintah Kota Magelang yang menandatangani perjanjian kerja sama UHC. Ia juga menyampaikan bahwa dengan capaian UHC Kota Magelang ini diharapkan Pemerintah Kota Magelang dapat menjaga jumlah kepesertaan serta meningkatkan kepesertaan JKN-KIS hingga mencapai 100 persen.

"Ini menunjukkan bahwa Kota Magelang memiliki komitmen yang tinggi, dan memiliki niat yang tulus untuk mensejahterakan warganya. Program Jaminan Kesehatan ini perlu dukungan Pemerintah Daerah agar bisa berjalan maksimal," katanya. (ma/wt)