10 Jan 2019
  |  
Dilihat : 106 kali

Bone Bolango Siap Dukung UHC Tahun 2019

Bone Bolango, Jamkesnews- Dalam rangka mencapai UHC Tahun 2019 pemerintah Kabupaten Bone Bolango sangat siap menjamin seluruh penduduk yang berada di Bone Bolango, hal ini dibuktikan dengan telah ditanda tanganinya perjanjian kerja sama dengan BPJS Kesehatan tentang Universal Health Coverage (UHC).

Program JKN-KIS menganut sistem gotong royong. Sistem ini bertujuan untuk membuat masyarakat luas saling membantu satu sama lain, karena dengan sistem gotong royong banyak kesan moril yang akan diperoleh. Adapun makna Gotong Royong dalam program JKN-KIS yaitu iuran peserta yang sehat dapat membiaya peserta yang sakit. Sebagai contoh penyakit yang bisa ditanggung peserta yang sehat adalah 1 pasien Demam Berdarah ( DBD) dibiayai oleh 80 peserta sehat, 1 pasien section caesaria  dibiayai oleh 135 peserta sehat, 1 pasien kanker dibiayai oleh 1.253 peserta sehat, 1 pasien operasi jantung dibiayai oleh 4.000 peserta sehat.

“Program JKN-KIS merupakan perintah dari Undang – Undang untuk bergotong royong dalam sistem jaminan kesehatan nasional, untuk itu pemerintah siap menjamin seluruh masyarakat miskin di Kabupetan Bone Bolango, dan juga akan terus menghimbau masyarakat menengah ke atas yang berprofesi sebagai pekerja swasta untuk mengikuti program ini. Ada hal yang menarik bagi kami yaitu saat ini perangkat desa sudah bisa menikmati fasilitas  JKN-KIS di kelas II, hal ini membuat seluruh perangkat desa sangat senang karena mereka merasa tenang ketika sewaktu-waktu dirinya atau keluarganya sakit karena sudah menjadi peserta program JKN-KIS,” Ujar Bupati Kabupaten Bone Bolango  Hamim Pou pada kegiatan penandatanganan perjanjian  kerja sama UHC di Bone Bolango (10/01).

Pada kesempatan yang sama Kepala Kabupaten Bone Bolango, Tjiang Kumala Mira menyampaikan terima kasih atas dukungan dari fasilitas kesehatan di wilayah kerjanya. “Kami berupaya untuk selalu memberikan pelayanan yang optimal melalui fasilitas kesehatan yang berkompeten. Kami juga berterima kasih kepada seluruh rumah sakit di Bone Bolango, karena sudah terakreditasi. Hal ini tentunya bisa menjadi hal positif bagi masyarakat, karena tidak ada kendala lagi dalam mendapatkan pelayanan kesehatan” ujar Tjiang Kumala Mira.

Jumlah peserta JKN-KIS di Kabupaten Bone Bolango saat ini tercatat telah mencapai 166.698 jiwa dengan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerja sama adalah 2 rumah sakit terakreditasi serta 30 FKTP.(TM/ge ).