09 Jan 2019
  |  
Dilihat : 52 kali

Mobile JKN Hadirkan Beragam Kemudahan

Jakarta Selatan, Jamkesnews – Demi mempermudah layanan bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan semakin gencar perkenalkan aplikasi Mobile JKN kepada masyarakat. Ada berbagai macam strategi yang dilakukan, diantaranya adalah dengan melakukan sosialisasi Mobile JKN sebelum jam pelayanan dimulai, dan memaksimalkan fungsi anjungan Mobile JKN.

Ditemui di ruangannya pada hari Rabu (09/01), Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan Sudarto KS mengamini hal itu. Ia mengatakan, aplikasi Mobile JKN memberikan lima kemudahan kepada peserta, di antaranya adalah kemudahan mendaftar dan mengubah data kepesertaan, mengetahui informasi data peserta dan keluarga, mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran,  mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan (faskes), dan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS.

“Karena itu, kami terus berupaya meningkatkan kesadaran dan kemauan peserta untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi Mobile JKN. Sebagai informasi, sampai tanggal 31 Desember 2018 pengguna aktif aplikasi Mobile JKN di Jakarta Selatan mencapai 106.237 peserta. Target kami di tahun 2019 ini, minimal 90% penduduk Jakarta Selatan telah mengunduh dan memanfaatkan aplikasi Mobile JKN," ujar Sudarto.

Ia pun menyampaikan pihaknya telah melakukan berbagai cara yang dilakukan untuk mewujudkan target tersebut. Karena pelayanan dimulai pukul 08.00 WIB, maka setengah jam sebelum pelayanan dibuka pihaknya menyiapkan beberapa petugas BPJS Kesehatan untuk menyosialisasikan sekaligus membantu peserta yang sudah datang mengunduh aplikasi Mobile JKN.

"Selain itu, petugas kami di loket pelayanan pun akan selalu menginformasikan mengenai aplikasi Mobile JKN setelah selesai pelayanan. Ditambah lagi dengan tersedianya anjungan Mobile JKN, yang juga dilengkapi dengan koneksi wifi bagi peserta yang ingin mengunduh aplikasi tersebut. Dalam setiap kesempatan sosialisasi di luar kantor cabang pun petugas kami selalu menginformasikan mengenai aplikasi Mobile JKN kepada pengunjung sekitar,” ujar Desfauzi.

Dengan strategi itu, perlahan tapi pasti minat peserta JKN-KIS untuk memanfaatkan aplikasi Mobile JKN pun semakin meningkat. Beberapa di antara pengunjung Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan nampak tertarik dengan aplikasi itu karena banyaknya kemudahan yang diperoleh, salah satunya Ahmad Farizal.

“Saya sangat senang dengan adanya aplikasi Mobile JKN. Beberapa keperluan saya seperti mengubah faskes dan mengganti alamat dapat diproses cukup lewat handphone saja. Saya juga tidak perlu repot membawa kartu KIS untuk berobat karena sudah ada KIS digital di aplikasi itu," ujar Ahmad.  (RI/sw)