06 Des 2018
  |  
Dilihat : 9 kali

Forum Kemitraan Untuk Optimalkan Jaminan Kesehatan Nasional

Jamkesnews, Lima Puluh Kota – Dalam rangka mengoptimalkan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi peserta, BPJS Kesehatan bersama Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota dan Direktur RSUD dr. Achmad Darwis malakukan Pembahasan bersama melalui Forum Kemitraan.

Forum yang dilaksanakan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial, Baperlitbang, Kepala Badan Keuangan Daerah, BKP SDM Kabupaten Lima Puluh Kota dan Direktur RSUD dr. Ahmad Darwis, Ketua IDI Kabupaten Lima Puluh Kota dan peserta lainnya.

Forum Kemitraan ini rutin dilaksanakan dua kali dalam setahun dengan tujuan agar pemberian pelayanan baik dalam segi pelayanan kesehatan maupun pelayanan BPJS Kesehatan lebih optimal. Masing-masing instansi saling memberi masukan supaya pelayanan kesehatan bagi Peserta BPJS Kesehatan pada khususnya jadi lebih baik lagi.

Pertemuan yang dilaksanakan pada pada hari Selasa tanggal 4 Nopember 2018 tersebut membahas tentang Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan yang baru-baru ini dikeluarkan oleh Presiden seperti Kepesertaan Bayi Baru Lahir dan Pembayaran Tunggakan Iuran. Dimana untuk kedepannya setiap Bayi baru lahir akan otomatis terdaftar menjadi Peserta JKN-KIS, dan peserta wajib melaporkan bayi baru lahirnya ke BPJS Kesehatan. Sedangkan untuk tunggakan iuran yang selama ini maksimal ditagihkan 12 bulan ditambah bulan berjalan (13 bulan), kedepannya tunggakan iuran yang lebih dari 24 bulan akan ditagihkan sebanyak 24 bulan ditambah bulan berjalan (25 bulan).

"Kita harapkan Forum Kemitraan yang rutin dilaksanakan ini dapat semakin meningkatkan mutu pelayanan kepada Peserta melalui masukan dan saran-saran untuk perbaikan kedepannya, sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih optimal. Dengan Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tersebut semoga Cakupan Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional untuk Kabupaten Lima Puluh Kota bisa semakin meningkat,” sebut Tien Septono selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota.

Ivo Sartika Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh Peserta menyebutkan bahwa pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten akan terus berupaya memberikan yang terbaik untuk Peserta JKN-KIS di Kabupaten Lima Puluh Kota.

"Semoga dengan terus berkoordinasi melalui forum ini, semua keluhan dan aspirasi-aspirasi dapat memberikan masukan untuk pelayanan kesehatan yang maksimal bagi kami kepada Peserta JKN-KIS," jelas Ivo. (aw/rk)