05 Des 2018
  |  
Dilihat : 44 kali

Optimalkan Pelayanan Peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Tulungagung Kumpulkan Petugas RS

Tulungagung, Jamkesnews – Sebagai badan hukum publik yang menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan berupaya menjalin hubungan baik dengan stakeholder maupun fasilitas kesehatan (faskes) kerja sama. Salah satunya melalui kegiatan yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung di Kabupaten Tulungagung, Selasa (04/12). Kegiatan ini merupakan pertemuan BPJS Kesehatan dengan petugas PIC dan admisi rumah sakit mitra BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung dalam rangka optimalisasi pelayanan terhadap peserta JKN-KIS.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung Indri Lestari Maharani menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru mengenai beberapa regulasi BPJS Kesehatan yang perlu diketahui oleh faskes mitra BPJS Kesehatanm serta membangun komunikasi yang baik sebagai mitra.

“Segala sesuatu yang berkaitan dengan peserta JKN-KIS dan pelayanan kesehatan, pasti segera kita sampaikan kepada faskes kerja sama. Misalnya saat ada regulasi terbaru Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, kebijakan itu sebisa mungkin segera kita sosialisasikan agar pelayanan kesehatan berjalan lancar,” jelas Indri.

Ia menambahkan, tidak hanya regulasi terbaru yang perlu disampaikan, tetapi juga pengetahuan mengenai kode etik yang berlaku di BPJS Kesehatan serta pemantapan aplikasi terbaru E-Claim yang sudah diterapkan di beberapa rumah sakit mitra BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung.

“PIC dan admisi rumah sakit mitra BPJS Kesehatan juga harus paham mengenai kode etik yang berlaku di BPJS Kesehatan. Hal ini untuk menjaga hubungan kerja yang harmonis sehingga pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS dapat berjalan dengan optimal," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, BPJS Kesehatan juga mengundang Sekretaris Perhimpunan Pemerhati INA-CBG''s Candra untuk memaparkan teknis implementasi aplikasi E-Claim. E-Claim merupakan metode simplikasi dokumen klaim melalui file elektronik. Selama ini pengajuan klaim oleh Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) mitra BPJS Kesehatan berupa berkas klaim secara hardcopy, sehingga E-Claim ini nantinya bisa diterapkan di semua rumah sakit mitra BPJS Kesehatan,” tambahnya.

Salah satu PIC rumah sakit mitra BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung yang hadir, Ruti, mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini sebaiknya rutin dilakukan agar komunikasi antara BPJS Kesehatan dan rumah sakit khususnya dapat terjalin dengan baik, sehingga pelayanan untuk peserta JKN-KIS semakin baik.

“Saya rasa pertemuan kali ini berbeda daripada sebelumnya, sebab tidak hanya regulasi baru yang disampaikan. Ada wawasan baru mengenai kode etik BPJS Kesehatan dan penerapan aplikasi E-Claim. Kita bisa saling sharing ilmu, dan harapannya nanti ketika menghadapi peserta tidak ada lagi saling lempar, tetapi satu suara. Hasilnya pelayanan menjadi semakin baik. Ilmu yang saya dapat hari ini akan saya share ke rekan-rekan internal serta kepada peserta JKN-KIS tentunya,” ujar perempuan yang bertugas sebagai PIC di Rumah Sakit Madinah Tulungagung ini.(ar/ck)