04 Des 2018
  |  
Dilihat : 1284 kali

GOTONG ROYONG BERSAMA MAHAKRIPA UKI TORAJA

Makale, Jamkesnews - Sejak era Reformasi peran mahasiswa dalam pembangunan dan membentuk karakter bangsa sangatlah besar, bukan hanya sebagai perangkat sosial kontrol pemerintah melainkan juga sebagai ujung tombak dari pelaksanaan kontrol sosial itu sendiri. Tentunya seseorang yang menyandang predikat Mahasiswa wajib bersinergi dengan segala jenis unsur kemasyarakatan serta harus mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat itu sendiri.

Dalam aktifitasnya mahasiswa kerap kali melakukan kegiatan-kegiatan sosial, seperti Bakti Sosial yang dilakukan oleh Mahasiswa Kristen Indonesia Pencinta Alam (MAHAKRIPA) Universitas Kristen Toraja, Selasa (4/12) bertempat di Salah Satu Gereja di Lembang Sarapeang, Kecamatan Rembon, Kabupaten Tana Toraja.

Masyarakat Lembang Sarapeang terlihat sangat antusias mengikuti sosialisasi Program JKN-KIS yang dibawakan oleh Halimah Jahid, Staf Manajemen Faskes Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Makale. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan, Fatmawati Sannungan.

“Kami sangat berterima kasih kepada rekan-rekan Mahasiswa yang telah mengundang kami untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Bakti Sosial ini, sekaligus menyosialisasikan Program JKN-KIS kepada Masyarakat” Ucap Fatmawati.

Ditemui ditempat yang sama Ketua Panitia Pelaksana Bakti Sosial (Baksos) MAHAKRIPA UKI Toraja, Marselinus mengatakan Bakti Sosial ini merupakan salah satu wujud nyata peran mahasiswa dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, alasan menggandeng BPJS Kesehatan dalam kegiatan ini adalah karena melihat masih banyaknya masyarakat yang belum mengetahui secara jelas mengenai hak dan kewajiban mereka sebagai peserta JKN-KIS utamanya mereka yang berdomisili di daerah yang sulit diakses seperti Lembang Sarapeang.

“Melalui Program JKN-KIS ini kami melihat adanya semangat gotong royong dimana semua peserta BPJS Kesehatan saling bahu membahu membayarkan biaya peserta yang sedang sakit yang membutuhkan pelayanan kesehatan” tambah Marselinus.

Hal ini selaras dengan tema kegiatan MAHAKRIPA yakni Bakti Sosial kepada masyarakat dimana selalu berupaya untuk terus menanamkan prinsip peduli dan gotong royong antar sesama dalam bermasyarakat.

"Program ini sangat mulia,  semua orang dapat berpartisipasi saling membantu antar sesama dengan rajin membayar iuran tepat waktu. Sesuai dengan slogannya “Dengan Gotong Royong Semua Tertolong” semangat gotong royong tersebut harus terus menjadi jati diri masyarakat Indonesia." Tutur Marselinus (MS/BD)