08 Nov 2018
  |  
Dilihat : 143 kali

Kadarkum Kelurahan Menteng Siap Bantu BPJS Kesehatan Sukseskan Program JKN - KIS

Jakarta Pusat, Jamkesnews -  Secara bertahap, jumlah peserta yang terdaftar dalam Program JKN – KIS terus berkembang pesat hingga kini dan bergerak menuju cakupan semesta pada 2019 mendatang. Unruk mencapai cakupan semesta tersebut, BPJS Kesehatan semakin gencar dalam melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat demi membangun kesadaran akan pentingnya Program JKN – KIS. Hari ini BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat diberikan kesempatan untuk memberikan sosialisasi Program JKN-KIS kepada Kelompok Sadar Hukum (Kadarkum) di lingkungan Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat  Rabu (7/11).

Kegiatan pembinaan Kadarkum ini adalah kegiatan yang terselenggara atas kerjasama antara Biro Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta dengan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat. Untuk wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat, sebelumnya terdapat 6 kelurahan yang telah melaksanakan kegiatan ini. Untuk Kelurahan Menteng ini merupakan kelurahan terakhir yang mendapatkan pembinaan Kelompok Kadarkum, sehingga total terdapat tujuh kelurahan yang menjadi sasaran pelaksanaan kegiatan ini.

BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat dalam kegiatan kadarkum ini berpartisipasi dengan memberikan sosialisasi kepada peserta yang hadir perihal hak dan kewajiban menjadi peserta JKN – KIS, akses kemudahan informasi melalui Mobile JKN, dan rujukan online yang saat ini telah memasuki fase transisi dan evaluasi.

“Hari ini kami diberikan kesempatan untuk memberikan sosialisasi kepada Kelompok Kadarkum di lingkungan Kelurahan Menteng. Senang rasanya jika mereka yang hadir disini sangat aktif dalam memberikan masukan untuk Program JKN – KIS. Semoga di tahun depan kegiatan ini terus ada, karena lewat kegiatan ini juga BPJS Kesehatan diberikan akses yang lebih mudah lagi untuk langsung memberikan informasi terbaru. Sehingga nantinya informasi ini dapat meluas cepat ke masyarakat.” ucap Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Cabang Jakarta Pusat, Nanik Yuniastuti.

Selain BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat, kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan Kanwil Hukum dan HAM DKI Jakarta, Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta, dan Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta yaitu Ellyzabeth CH Mailoa yang turut serta juga sebagai narasumber.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini karena peserta yang hadir bisa menceritakan permasalahan kehidupan sehari – hari yang mereka alami kepada narasumber yang hadir. Jadinya setiap permasalahan pun akan terselesaikan dengan baik. Semoga kegiatan ini senantiasa hadir untuk masyarakat," ungkap Lurah Menteng, Agus Sulaeman. (EM/rr)