08 Nov 2018
  |  
Dilihat : 22 kali

SOSIALISASI POLA HIDUP SEHAT OLEH ADE RAI

Magelang, Jamkesnews, 07 November 2018. BPJS Kesehatan Cabang Magelang melakukan sosialisasi Program JKN-KIS bersama Brand Ambassador Ade Rai pada Rabu (07/11). Kegiatan yang berlangsung di Atria ini dihadiri kurang lebih 200 tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kota Magelang dan Kabupaten Magelang. Acara kali ini mengsusung tema “SMART AND HEALHTY WAY TO LOVE YOUR BODY.”

Dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara Walikota Magelang yang diwaliki Asisten 2 Joko Budiyono mengatakan jajaran Pemerintah Kota Magelang menyambut baik dengan adanya sosialisasi ini, Pemerintah Kota Magelang siap mensukseskan program JKN KIS, sampai dengan saat ini yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sebanyak 92% atau 119.360 jiwa sehingga untuk menuju Universal Health Covarage masih kurang sekitar 3% lagi.

“Kami targetkan pada akhir tahun 2019 Kota Magelang siap untuk UHC,“ Katanya

Asisten Deputi Bidang Promosi BPJS Kesehatan Agus Ramelan dalam sambutannya mengatakan dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat lebih memahami tentang program JKN-KIS sehingga tidak ada lagi kebingungan apabila akan menggunakan KIS ini.

“Kami harapkan masyarakat yang hadir dapat memahami dan dapat diteruskan kepada lingkungan sekitarnya,” kata Agus Ramelan

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Magelang Dyah Miryanti dalam mengatakan Program JKN KIS tidak hanya meliputi kegiatan kuratif rehabilitatif atau pengobatan dan pemulihan. Akan tetapi juga meliputi kegiatan promotif preventif seperti Senam dan Edukasi Penyakit Kronis Diabetes Mellitus atau Hipertensi, Screening kesehatan primer maupun lanjutan berupa questioner untuk mengetahui potensi risiko penyakit dan Deteksi dini CA Serviks melalui kegiatan IVA Papsmear sehingga Kartu JKN KIS dapat digunakan tidak hanya saat sakit.

Adapun kegiatan sosialisasi Pola Hidup Sehat bersama Brand Ambassador ini merupakan salah satu kegiatan promotive preventif tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman karyawan PT Mekar Armada Jaya terhadap hak dan kewajiban sebagai peserta JKN-KIS serta tentu saja untuk mengetahui pola hidup sehat sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Brand ambasador Ade Rai memberikan tips untuk mencapai sehat dengan mengatur olah raga secara berkala dan mengatur pola makan yang sehat.

“Sehat merupakan konsekuensi dari akumulasi invenstasi yang baik, sedangkan sakit merupakan konsekuensi akumulasi inventasi yang buruk, sehat bukan tujuan tetapi sehat merupakan syarat fundamental,” ujar binaragawan bernama asli I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai ini.

Penyakit terbagi menjadi dua, penyakit kronis dan penyakit invasif. Penyakit kronis mayoritas terjadi karena ulah manusia sendiri. Kurang gerak, kurang istirahat dan pola makan yang tidak teratur contohnya. Ketiga unsur di atas bisa memicu tumbuhnya kanker, penyakit jantung, kendala otot rangka serta penyakit saluran nafas sampai kendala kejiwaan.

“Menurut penelitian Balitbangkos Kementerian Kesehatan pada tahun 2014, di Indonesia, terdapat 10 penyakit terbanyak penyebab kematian diantaranya : penyakit stroke, jantung dan diabetes mellitus. Oleh karena itu pola hidup sehat menjadi sarana dan solusi untuk hidup panjang berkualitas,” imbuh Ade Rai.

Manfaat dari olah raga antara lain, meningkatkan kapasitas paru-paru, meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit, memperlancar peredaran darah dan pengiriman nutsrisi, menjaga nilai pH darah, menurunukan kadar lemak dibawah kulit, di dalam darah dan di organ, mencegah menurunnya kekuatan tulang, memperbaiki postur, meningkatkan hormone analbolik, memperlambat bahkan memutarbalikkan proses penuaan.

Ade Rai menutup kegiatan tersebut dengan pesan bahwa menilai kesuksesaan seseorang bisa didapat jika tubuh jauh dari penyakit. Sebab, sebanyak apapun uang tidak akan bisa dinikmati jika sakit, sehingga sehat menjadi syarat segalanya. Beberapa tips untuk menjaga kesehatan juga dia sampaikan antara lain : apabila tidur semakin gelap semakin nyenyak, semakin senyap semakin nyenyak, hindari konsumsi minuman berkofein sebelum tidur, hindari kondisi perut terlalu kenyang, bila meungkinkan tidur sebelum jam 23.00, relaksasikan seluruh otot tubuh, atur nafas agar panjang dan teratur, jemur.vacum secara berkala bantal, guling, selimut dan kasur. (Ma/wt)