07 Nov 2018
  |  
Dilihat : 87 kali

BPJS Kesehatan Cabang Sintang Tandatangani SKK Bersama Kejari Sekadau

Sintang, Jamkesnews – Dalam rangka upaya capaian UHC pada tanggal 1 Januari 2019. BPJS Kesehatan Cabang Sintang terus berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Sekadau terkait implementasi atas PKS/MoU yang telah terjalin salah satunya mengenai dukungan terhadap perluasan peserta dan Penegakan Kepatuhan dan Hukum terhadap Badan Usaha, BUMN, BUMD dan Pemerintah Daerah dalam mengoptimalisasi pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional.

Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional kepada 11 Lembaga Negara, salah satunya adalah Kejaksaan sesuai dengan tugas dan fungsinya yaitu melakukan Penegakan Kepatuhan dan Hukum terhadap Badan Usaha, BUMN, BUMD dan Pemerintah Daerah dalam mengoptimalisasi pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional.

BPJS Kesehatan Cabang Sintang melakukan penandatanganan Surat Kuasa Khusus (SKK) dengan Kejaksaan Negeri Sekadau, Selasa (6/11) dan dihadiri langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau Andri Irawan.

Pada kesempatan tersebut juga dimanfaatkan sebagai wahana konsultasi pihak BPJS Kesehatan Cabang Sintang terkait kendala-kendala yang terjadi dilapangan, baik kendala teknis mengenai prosedur penanganan keluhan sampai dengan tindaklanjut mengenai Badan Usaha yang belum melakukan registrasi.

"Kami akan menindaklanjuti langkah-langkah selanjutnya dalam upaya dukungan terhadap Program JKN KIS khususnya untuk wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Sintang, serta kami akan mendampingi langsung dalam kunjungan ke BU dengan membawa formulir dan surat pernyataan. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi BU untuk tidak melakukan registrasi," ungkap Andri.

Turut hadir pula dalam penandatanganan SKK tersebut Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Sintang Mardianto, beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini juga menjadi wahana diskusi lanjutan mengenai tindakan apa yang tepat dalam mengatasi kendala-kendala dilapangan.

"ini merupakan langkah positif dalam menunjang capaian UHC kita, tentunya hasil tindaklanjut SKK ini akan terus dimonitoring dan dievaluasi atas kendala dilapangan dan apa langkah yang tepat untuk dilakukan dalam menangani BU yang masih belum meregistrasikan seluruh pekerjanya ataupun BU yang belum melakukan registrasi sama sekali. Tentunya dengan didampingi pihak Kejaksaan Negeri kami akan menentukan pendekatan mana yang cocok dalam actionnya dilapangan," jelas Mardianto.

Pada akhir acara tak lupa pula Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sintang Idham Kholid mengajak pihak Kejaksaan Negeri Sekadau untuk bersama-sama mengedukasi masyarakat luas mengenai banyaknya manfaat dalam mendapatkan kemudahan akses pelayanan kesehatan hanya dengan mendownload aplikasi Mobile JKN pada smartphone berbasis IOS dan Android.(FR/aa)