07 Nov 2018
  |  
Dilihat : 87 kali

Layanan MCS Hinggapi Pelosok Desa Sampai Tengah Kota

Ngawi, Jamkesnews - Sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan senantiasa meningkatkan mutu pelayanan dan kepuasan peserta dengan berbagai inovasi, salah satunya dengan Mobile Customer Service (MCS). MCS BPJS Kesehatan ini hadir di berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta, mulai dari pelosok desa sampai ke tengah kota. Setelah ke berbagai wilayah kota, kini MCS hadir di desa Ketanggung Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi, Rabu (07/11). MCS merupakan garda terdepan pelayanan langsung terhadap peserta.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten ngawi, Elli Utami menjelaskan bahwa MCStersebut bertujuan untuk pelayanan jemput bola terhadap peserta, serta untuk memberikan informasi tambahan guna meningkatkan pemahaman akan Program JKN-KIS terhadap masyarakat luas khususnya yang bertempat tinggal di pelosok dan jauh dari kantor BPJS kesehatan.

“Kegiatan jemput bola seperti ini sering kami agendakan untuk memperluas pelayanan langsung terhadap peserta. Awal bulan kemarin kita juga kunjungan ke kelurahan Bangunrejo Kidul Ngawi, untuk hari ini kita jadwalkan disini di kelurahan Ketanggung Kecamatan Sine. Alhamdulillah antusiasnya selalu baik dan ramai, didominasi dengan pendaftaran, mutasi data dan pembenaran kartu Penerima Bantuan Iuran (PBI) sesuai identitas yang benar," jelas Elli.

Elli menambahkan, mobil MCS memang bisa memberikan layanan langsung terhadap peserta, namun ternyata ada kendala di jaringan internet karena wilayah desa Ketanggung tidak terjamah oleh jaringan internet sehingga pendaftaran maupun pembenaran identitas kartu diterapkan sistem dropbox. Elli menjelaskan bahwa kendala internet tidak akan menurunkan pelayanan, karena data yang sudah masuk akan segera di proses setibanya di kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Ngawi dan kartu yang sudah diperbaiki datanya akan segera dikirimkan ke kantor kelurahan untuk selanjutnya dapat didistribusikan kepada peserta.

“Dengan MCS ini saya merasa terbantu karena saya bisa mendapatkan informasi langsung dari petugas BPJS Kesehatan tanpa harus datang ke kantor. Desa Ketanggung ini memang termasuk desa pelosok di daerah pegunungan yang medannya cukup berat, jadi membantu sekali ada petugas BPJS Kesehatan datang kemari," ujar salah satu peserta PBI dari Desa Ketanggung Rizal Agus Wardoyo.

Kemudahan pada MCS ini dapat juga diperoleh melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat di-download melalui Playstore ataupun Apsstore. Mobile JKN mempunyai beberapa fitur unggulan yang memudahkan peserta melakukan proses administratif sendiri, seperti pindah lokasi fasilitas kesehatan, cek tagihan, dan bahkan dapat memunculkan kartu virtual yang dapat digunakan untuk mengakses pelayanan kesehatan. Ada juga pelayanan BPJS Kesehatan Care Center 1500400 yang beroperasi selama 24 jam jika peserta memerlukan konsultasi, pengaduan, atau sekedar informasi diluar jam operasional kantor BPJS Kesehatan. (ar/ai)