07 Nov 2018
  |  
Dilihat : 14 kali

UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II Sepakat Pemeriksaan Bersama di Kab Subang

Sumedang, Jamkesnews - UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II Provinsi Jawa Barat mengadakan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan BPJS Kesehatan Cabang Sumedang mengenai sinergi penegakan kepatuhan dalam penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kabupaten Subang. Penandatanganan PKS tersebut dilakukan oleh Kepala UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II Provinsi Jawa Barat Zamhur Agus dengan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sumedang Abdul Haris di Karawang, Rabu (07/11).

Tujuan PKS ini yaitu sinergi penegakan kepatuhan program JKN-KIS dan meningkatkan kesadaran serta kepatuhan Pemberi Kerja selain Penyelenggara Negara untuk mendaftarkan dirinya dan seluruh tenaga kerjanya untuk menjadi peserta JKN-KIS.

Menurut Haris, pada dasarnya fungsi pengawasan yang masuk dalam lingkup kerja sama terbagi menjadi tiga, yaitu memastikan Badan Usaha mendaftarkan seluruh pegawainya, memastikan Badan Usaha melakukan pembayaran atas iuran BPJS Kesehatan dan memastikan Badan Usaha memberikan informasi mengenai data kepegawaian yang aktual.

“Kami berharap dengan Kesepakatan Bersama ini dapat diimplementasikan melalui program dan kegiatan yang bersifat operasional dan lebih teknis, berjalan sinergis, terkoordinasi dan tepat sasaran serta dapat lebih meningkatkan kualitas penyelenggaraan program JKN-KIS di Indonesia," kata Haris.

Masih ada beberapa perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya atau hanya mendaftarkan sebagian karyawannya menjadi peserta JKN-KIS, dan ini menjadi suatu tantangan bagi UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II Provinsi Jawa Barat dan BPJS Kesehatan Cabang Sumedang dalam sinerginya untuk menegakan kepatuhan penyelenggaraan program JKN-KIS di Kabupaten Subang, serta mendorong tercapainya Universal Health Coverage bagi seluruh penduduk Indonesia khususnya sektor pekerja penerima upah badan usaha di Indonesia.

Acara yang berlangsung secara sederhana tapi syarat akan makna yang diselenggarakan ini dihadiri oleh seluruh pengawas ketenagakerjaan UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II Provinsi Jawa Barat yang bertugas di wilayah Kabupaten Subang serta Kepala Bidang Perluasan Peserta Kepatuhan dan Petugas Pemeriksa dari BPJS Kesehatan Cabang Sumedang.

"Dalam mewujudkan kepatuhan badan usaha untuk mendaftarkan dirinya dan seluruh pegawai ada kalanya petugas BPJS Kesehatan mengalami kesulitan, maka dengan adanya perjanjian kerjasama ini kami dari tim pengawas akan bersinergi untuk membantu penegakan kepatuhan dan perluasan kepesertaan," tutup Zamhur. (BS/mf)