13 Jan 2020
  |  
Dilihat : 32 kali

Optimalkan Pelayanan Kepada Peserta, Kader JKN Siap Merapat

Denpasar, Jamkesnews – Inovasi sangatlah penting dalam keberhasilan sebuah program, begitu halnya dengan BPJS Kesehatan selaku penyelenggara dari program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Oleh karena itu dalam upayanya memberikan sosialisasi mengenai program JKN-KIS dan semakin mendekatkan diri dengan masyarakat, BPJS Kesehatan membentuk Kader JKN.

Kader JKN ini bertugas sebagai pengingat iuran dan menginformasikan terkait tagihan iuran, batas waktu pembayaran serta mengingatkan untuk membayar iuran tepat waktu, denda pelayanan dan menyampaikan surat tagihan peserta Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU).

Selain sebagai pengingat iuran, Kader JKN juga bertugas untuk memberikan sosialisasi dan edukasi terkait hak kewajiban peserta serta informasi terupdate seputar JKN-KIS dan menerima pendaftaran peserta segmen PBPU dan Bukan Pekerja (BP) secara individu maupun kolektif.

BPJS Kesehatan Denpasar tidak ingin ketinggalan dalam menyosialisasikan program JKN-KIS dengan turut merekrut Kader JKN dan sebagai komitmen awal BPJS Kesehatan melaksanakan penandatanganan kerjasama bersama 4 Kader JKN-KIS yang dilaksanakan pada Senin (13/01) di Denpasar.

 “Tahun baru, tantangan baru dan semoga semangat juga selalu baru dalam menjalankan tugas sebagai Kader JKN,” ucap Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Denpasar Novita Mustika Rini.

Tidak lupa Rini juga mengingatkan tugas dari Kader JKN dan agar Kader JKN tidak pernah lelah untuk terus memberikan sosialisasi dan edukasi kepada peserta akan pentingnya menjadi peserta JKN-KIS.

“Untuk wilayah Denpasar tahun ini kita harus lebih bekerja keras lagi untuk mengingatkan dan membantu peserta di lapangan,” ujar Rini

4 Kader JKN-KIS ini akan bertugas di 4 wilayah kerja BPJS Kesehatan Denpasar yang antara lain : Denpasar Barat, Denpasar Utara, Denpasar Timur dan Denpasar Selatan

“Menjadi Kader JKN membuat saya semakin bersyukur,” ungkap Meindert Mumu salah satu Kader JKN wilayah Denpasar.

Mumu telah 3 Tahun menjadi Kader JKN, Bagi Mumu menjadi Kader JKN adalah tugas yang sangat mulia karena dapat membantu sesama.

“Semoga peserta yang saya kunjungi dan semua peserta JKN-KIS akan lebih mengerti lagi akan hak dan kewajibannya sebagai peserta serta rutin membayar iurannya agar tidak ada tunggakan, karena tunggakan jika dibiarkan tentunya akan menjadi beban bagi peserta itu sendiri,” pungkas Mumu. (RG/ek)