10 Jan 2020
  |  
Dilihat : 105 kali

Pastikan Layanan JKN-KIS Diberikan Dengan Baik, BPJS Kesehatan Tinjau Langsung Ke Lapangan

Wonosobo, Jamkesnews – Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen Wahyu Giyanto turun langsung untuk memeriksa pelayanan JKN-KIS di RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo Kamis (09/01). Kegiatan tinjau langsung ini bertujuan untuk memastikan komitmen Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dalam peningkatan mutu dan layanan yang sudah disepakati oleh BPJS Kesehatan dengan Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) pada November 2019 lalu.

Saat ditemui tim Jamkesnews, Wahyu menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen memastikan layanan FKRTL kepada peserta JKN-KIS sudah sesuai ketentuan dan dirinya mengapresiasi atas upaya peningkatan yang sudah dilakukan oleh RSUD KRT Setjonegoro. Peningkatan pelayanan tersebut antara lain display ketersedian kamar tiap kelas, ICU, ruang bersalin dapat diakses oleh peserta JKN-KIS melalui aplikasi Mobile JKN, peningkatan sarana dan prasarana ICU dan IGD di RSUD KRT Setjonegoro, poster petugas BPJS SATU! sudah terpasang dengan jelas.

"Komitmen peningkatan layanan ini sejalan dengan kesepakatan yang sudah disepakati antara BPJS Kesehatan dengan PERSI. Kita akan terus tingkatkan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS terutama di Wilayah Kebumen," ungkap Wahyu.

Dirinya mengatakan bahwa dengan adanya inovasi yang diberikan kepada peserta, hal tersebut juga sebagai bentuk upaya untuk memberikan kepuasan kepada peserta terhadap penyelenggaraan Program JKN-KIS. Dengan demikian, Wahyyu berharap akan semakin banyak peserta yang merasa terpuaskan atas inovasi yang diberikan oleh Program JKN-KIS kepada peserta.

Tumarsih, salah satu peserta JKN-KIS yang sedang berobat ke rumah sakit tersebut memberikan pengakuannya kepada Wahyu Giyanto. Menurutnya sekarang apabila peserta datang ke rumah sakit sudah tidak bingung lagi mengenai alur pelayanannya. Karena semua sudah ada panduannya dan peserta hanya tinggal mengikuti alur tersebut.

“Saya merasa puas dan terlayani dengan baik atas pelayanan yang sudah diberikan rumah sakit, dan sekarang jamannya sudah online sehingga semuanya dimudahkan. Kami sebagai peserta JKN-KIS dapat dengan mudah memahami pelayanan yang diberikan. Kamipun sama sekali tidak mengeluarkan biaya sedikitpun untuk perawatan saya yang baik ini. Kami mengucapkan terima kasih atas inovasi yang telah dibuat untuk layanan JKN-KIS,” terang Tumarsih.

Peningkatan mutu dan layanan FKRTL ini merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh BPJS Kesehatan dan juga para stakeholder dan hal ini membutuhkan komitmen dan dukungan dari seluruh pihak terkait agar peningkatan layanan dan kemudahan JKN-KIS ini dapat dirasakan dengan baik oleh seluruh peserta JKN-KIS. (ma/rz)