09 Jan 2020
  |  
Dilihat : 42 kali

13. RATUSAN WARGA ANTUSIAS SAMBUT MCS DI PUSKESMAS GEDUNG NEGARA

Kotabumi, Jamkesnews – Seakan tak kenal lelah untuk terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada Peserta JKN-KIS, di awal tahun ini BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi kembali menghadirkan layanan jemput bola Mobile Customer Service (MCS) di Puskesmas Gedung Negara, Kamis (09/01).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi, Lia Y. Surosa yang ditemui oleh Tim Jamkesnews di kesempatan yang berbeda mengatakan bahwa kepuasan peserta JKN-KIS tetap menjadi prioritas utama dan BPJS Kesehatan akan selalu membuat berbagai terobosan demi meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada seluruh peserta JKN-KIS.

“Selain bertujuan untuk memberikan kemudahan layanan administrasi, dalam kegiatan MCS ini juga dilakukan sosialisasi terkait ketentuan terbaru dalam Program JKN-KIS seperti informasi penyesuaian iuran JKN-KIS, kemudahan untuk turun kelas bagi peserta mandiri melalui program PRAKTIS dan adanya petugas BPJS SATU! yang siap membantu dan mendampingi pasien peserta JKN-KIS di rumah sakit yang telah bekerjasama,” kata Lia. 

Lancarnya kegiatan MCS tidak lepas dari dukungan dan bantuan perangkat desa setempat. Bahkan tak sedikit yang meminta kehadiran tim MCS kembali di desanya karena mereka ingin memastikan seluruh warganya mendapatkan informasi terupdate sekaligus mendapatkan layanan administrasi selayaknya di kantor cabang.

Salah satu petugas Puskesmas Gedung Negara, Umar Habib mengatakan dirinya sangat berterima kasih atas kehadiran layanan MCS untuk kedua kalinya di desa ini.

“Bulan lalu MCS di sini dan yang datang membludak mencapai ratusan warga. Hari ini pun ramai sekali karena baru jam segini sudah lebih dari 150 warga yang hadir dan sepertinya akan terus bertambah,” kata Umar.

Lebih lanjut Umar mengungkapkan bahwa selain bertujuan untuk mendapatkan layanan administrasi, banyaknya masyarakat yang hadir dikarenakan ingin mendengarkan sosialisasi terkait ketentuan terbaru dari petugas BPJS Kesehatan secara langsung.

“Ketentuan terbaru perihal Program JKN-KIS memang bisa dilihat di berbagai media tapi tetap saja penjelasan langsung dari petugas BPJS Kesehatan akan lebih mudah dipahami oleh warga karena ada sesi tanya jawab. Saya mewakili seluruh warga mengucapkan terima kasih atas kehadiran MCS dan semoga kedepannya kanal layanan ini bisa hadir kembali di sini,” tambah Umar.

Walaupun terkesan padat dan penuh sesak akibat banyaknya warga yang memenuhi halaman Puskesmas Gedung Negara, suasana tetap terkesan santai dan ceria dinilai dari senyum yang mengembang di wajah warga usai mendapatkan layanan administrasi. Dela adalah salah satunya.

“Kalau ke kantor BPJS Kesehatan terdekat harus menempuh perjalanan 2 jam sekali jalan. Pulang pergi total 4 jam. Belum antri di kantornya, belum ongkos yang harus saya keluarkan dalam perjalanan. Begitu tahu MCS hadir di sini jelas saya senang sekali,” ujar Dela.

Kemudahan layanan administrasi yang diberikan kanal layanan MCS sangat diapresiasi oleh Dela. Terlebih tadi berkas yang ia bawa tidak lengkap namun karena jarak puskesmas dan rumahnya tidak terlalu jauh maka ia bisa mengambil kekurangan berkasnya dalam waktu singkat.

“Coba bayangkan kalau saya sudah jauh-jauh datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan eh ternyata berkas saya ada yang kurang, duh pasti pusing sekali. Mudah-mudahan ke depannya MCS hadir di sini kembali untuk memberi kemudahan layanan administrasi bagi kami yang tinggalnya jauh dari kota ini,” tutup Dela.(FR/rk)