09 Jan 2020
  |  
Dilihat : 788 kali

Si Rompi Kuning BPJS SATU! Yang Selalu Siap Membantu

Sukabumi, Jamkesnews – Kemudahan dalam mengakses pelayanan di fasilitas kesehatan di era program Jaminan Kesehantan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangat terbukti bagi seluruh masyarakat Indonesia. Keraguan untuk berobat karena faktor biaya sudah dapat mereka kesampingkan dengan menjadi peserta JKN-KIS.

Berbagai macam inovasi terus diciptakan oleh BPJS Kesehatan untuk menunjang peserta JKN-KIS dalam pemenuhan akses di seluruh fasilitas kesehatan, salah satunya melalui gerakan BPJS SATU! atau BPJS Siap Membantu. BPJS Siap Membantu merupakan optimalisasi peran petugas Penanganan Pengaduan Peserta (PPP) di rumah sakit. Adanya petugas BPJS SATU! dapat memberikan manfaat kepda peserta JKN-KIS yang berada di rumah sakit untuk mendapatkan informasi yang tidak diketahuinya.

Ditemui oleh Tim Jamkesnews, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi Achmad Sanusi Budi Permana menuturkan hadirnya petugas BPJS SATU! di rumah sakit nantinya dapat memberikan kemudahan akses bagi peserta yang kebingungan dan membutuhkan informasi di rumah sakit. Dirinya mengatakan bahwa petugas yang mengenakan rompi berwarna kuning, nantinya tidak hanya akan duduk diam dibalik meja, namun mereka akan menghampiri langsung ke peserta.

“BPJS Satu hadir untuk lebih memudahkan peserta mendapatkan informasi serta menyampaikan keluhan seputar pelayanan JKN-KIS di rumah sakit. Tidak harus ke kantor cabang, pelayanan yang dibutuhkan dapat langsung diperoleh saat itu juga, cepat dan hemat waktu,” ujar Budi, Rabu (08/01).

Selain siap untuk membantu peserta mendapatkan informasi seputar pelayanan di rumah sakit, petugas BPJS Satu juga siap memberikan informasi lainnya mengenai penyelenggaraan Program JKN-KIS. Seperti yang dialami oleh Hadist Hasan, yang dipandu oleh petugas BPJS SATU! untuk mengunduh dan memanfaatkan aplikasi Mobile JKN saat menemani istrinya yang rawat inap di Rumah Sakit Assyifa Sukabumi.

“Alhamdulillah terbantu sekali ada petugas BPJS SATU! Saya jadi lebih paham mengenai Program JKN-KIS, khususnya mengenai pelayanan di rumah sakit. Untuk menggunakan aplikasi mobile JKN panduannya jelas dan mudah, saya pun langsung dapat memanfaatkannya. Baru tahu saya lewat handphone juga informasi JKN-KIS bisa lengkap kita dapatkan,” ungkap Hadist.

Di akhir pertemuannya, ia berpesan kepada peserta yang nantinya berobat ke rumah sakit untuk tidak khawatir apabila merasa kebingungan dan membutuhkan infromasi tentang pelayanan di rumah sakit. Hadist mengatakan bahwa jika peserta JKN-KIS mengalami hal tersebut, mereka langsung dapat mencari dan bertanya kepada petugas yang mengenakan rompi berwarna kuning dan bertuliskan BPJS SATU! di bagian belakang rompinya. (BS/ne)