02 Des 2019
  |  
Dilihat : 31 kali

Sambut Ajakan Puskesmas Kecamatan Kembangan, BPJS Kesehatan Semarakkan HKN Tahun 2019

Jakarta Barat, Jamkesnews – Banyak cara yang dilakukan untuk merayakan Hari Kesehatan Nasional. Begitu juga dengan apa yang dilakukan oleh Puskesmas Kecamatan Kembangan. Kali ini, untuk merayakan Hari Kesehatan Nasional, Puskesmas Kecamatan Kembangan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan mengadakan kegiatan SEPEDA GAUL (Sehat Bersepeda Menuju Generasi Unggul) pada Minggu (01/12).

Kegiatan yang diadakan dengan menggandeng beberapa lintas sektor masyarakat ini mendapatkan antusias yang tinggi dari masyarakat di wilayah tersebut. Terlihat dari jumlah peserta yang hadir yang terlihat kurang lebih berjumlah 1000 peserta.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kembangan Leny Ariyani menjelaskan Kegiatan SEPEDA GAUL yang diselenggarakan oleh Puskesmas Kecamatan Kembangan dengan beberapa lintas sektor, antara lain Walikota Kota Administrasi Jakarta Barat, Kantor Camat Kembangan, BPJS Kesehatan, dan lembaga serta sektor swasta yang ada di wilayah Kecamatan Kembangan Kota Administrasi Jakarta Barat.

“Peringatan HKN ke-55 Tahun 2019 ini kami rayakan dengan beberapa kegiatan, antara lain kegiatan bersepeda santai, Senam Germas, Pemeriksaan Kesehatan, Talkshow Kegiatan, dan pembukaan booth oleh rekan-rekan lintas sektor yang telah berpartisipasi menyemarakkan acara ini,” jelas Leny.

Leny melanjutkan pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi dengan keikutsertaan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan dalam perayaan Hari Kesehatan Nasional. Menurutnya, dengan adanya beberapa pihak yang bekerja sama dalam perayaan Hari Kesehatan Nasional ini nantinya akan memberikan dampak positif kepada masyarakat sehingga kesehatan yang ada dalam diri masyarakat akan tetap terjaga dan dpat memberikan kesadaran untuk tetap menjaga kesehatan.

“Kami mengapresiasi partisipasi BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2019 ini. Kami percaya jika banyak lintas sektor yang bekerjasama untuk menyelenggarakan acara ini dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakat sekitar. Selain itu, kami berharap melalui kegiatan ini masyarakat dapat terbangun kesadarannya untuk menjaga pola hidup sehat,” tutur Leny.

BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat menyambut hangat undangan Puskesmas Kecamatan Kembangan untuk menyemarakkan kegiatan dengan membuka Anjungan Mobile JKN. Pada anjungan Mobile JKN ini dilakukan sosialisasi langsung oleh Duta BPJS Kesehatan pada masyarakat yang menghadiri kegiatan SEPEDA GAUL di Kantor Kecamatan Kembangan.

“Kami berterima kasih atas ajakan Puskesmas Kecamatan Kembangan untuk dapat berperan serta pada kegiatan ini. Kegiatan SEPEDA GAUL ini sejalan dengan upaya BPJS Kesehatan untuk menggerakkan upaya promotif dan prefentif dalam mendukung Germas,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Diah Sofiawati.

Diah menuturkan pemberian sosialisasi langsung Mobile JKN bagi peserta kegiatan Peringatan HKN Tahun 2019 di Kantor Kecamatan Kembangan merupakan upaya BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat untuk mengenalkan dan membudayakan implementasi Mobile JKN bagi peserta Program JKN-KIS. Diah berpendapat aplikasi yang merupakan salah satu inovasi BPJS Kesehatan ini dapat memberikan kemudahan bagi peserta. Sehingga akan lebih baik jika masyarakat dapat mengunduh dan memanfaatkan aplikasi Mobile JKN.

“Kami berharap masyarakat yang hadir pada kegiatan ini dapat memahami dan mengunduh aplikasi Mobile JKN di ponsel pintar mereka, supaya masyarakat mendapatkan lima kemudahan, antara lain mendaftar dan mengubah data kepesertaan, mengetahui informasi data peserta dan keluarga, mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, mendapatkan pelayanan di Fasilitas Kesehatan (KIS Digital), dan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS. Jadi, masyarakat dapat menghemat waktu dan tenaga untuk datang ke kantor cabang, karena semuanya ada dalam genggaman tangan peserta,” tutup Diah. (NH/dn)