29 Nov 2019
  |  
Dilihat : 44 kali

Tingkatkan Kesadaran Hidup Sehat, Pemko Sibolga Ajak Masyarakat Senam Bersama

Sibolga, Jamkesnews – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-48 dan Hari Kesehatan Nasional ke-55, Pemerintah Kota Sibolga melangsungkan kegiatan senam sehat bersama masyarakat, Kamis (28/11).

Bertempat di Lapangan Simare-Mare Kota Sibolga, kegiatan senam sehat bersama ini dihadiri oleh lebih dari 1.300 peserta yang terdiri atas warga setempat, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), dan berbagai organisasi masyarakat dan profesi sewilayah Kota Sibolga

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sibolga Edi Polo Sitanggang menyampaikan seruannya kepada masyarakat Kota Sibolga yang hadir pada kegiatan ini untuk dapat menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

“Berdasarkan data yang diterima bahwa biaya pelayanan kesehatan selalu meningkat. Pola pergeseran penyakit saat ini juga telah bergeser, dimana masyarakat cenderung mengidap penyakit-penyakit degeneratif karena tidak menjaga pola hidup yang sehat. Maka, kami ajak masyarakat Kota Sibolga untuk dapat menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupannya sehari-hari,” seru Edi.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sibolga Rudhy Suksmawan Hardhiko mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan senam sehat bersama yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Sibolga. Pasalnya, kegiatan senam sehat ini sejalan dengan salah satu program yang diusung oleh BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari sisi promotif preventif.

“Program JKN-KIS tidak hanya melakukan penjaminan terhadap pelayanan kesehatan yang bersifat kuratif dan rehabilitatif saja, tapi termasuk juga kegiatan-kegiatan yang bersifat promotif dan preventif. Kegiatan senam ini merupakan salah satu bentuknya. Dengan senam ini kita berusaha mengajak masyarakat untuk bersama-sama hidup sehat agar terhindar dari penyakit-penyakit yang sebetulnya bisa dicegah sejak dini,” jelas Rudhy. (hf/ha)