29 Nov 2019
  |  
Dilihat : 108 kali

Dengan MCS, Peserta JKN-KIS di Aceh Selatan Jadi Kian Mudah Urus Administrasi

Aceh Selatan, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan terus berupaya mengoptimalkan Mobile Customer Service (MCS). Layanan ini hadir untuk mempermudah masyarakat mendaftarkan diri beserta keluarganya sebagai peserta JKN-KIS ataupun sekedar melakukan perubahan data, pencetakan kartu JKN-KIS, pemberian informasi, penanganan pengaduan serta registrasi aplikasi Mobile JKN.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan Abdurrahman menjelaskan bahwa salah satu fungsi dibukanya layanan BPJS Kesehatan melalui MCS adalah untuk mengurangi massa tunggu ataupun antrian yang ada di kantor cabang.

“MCS ini adalah inovasi dari BPJS Kesehatan untuk mempermudah peserta dalam mengakses pelayanan maupun informasi tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan sehingga peserta ataupun masyarakat merasakan pelayanan BPJS ini mudah, cepat dan tepat,” jelas Rahman, Kamis (28/11).

Danwalimah, salah seorang pengunjung layanan MCS yang dilaksanakan di Desa Simpang Empat, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan menyampaikan bahwa dirinya sedang mengubah data kepesertaannya.

“Saya datang untuk mengubah lokasi fasilitas kesehatan dan mendaftarkan anak yang masih belum jadi peserta JKN-KIS. Sebenarnya sudah lama saya mau ngurus tapi waktunya yang belum ada, kali ini saya sangat bersyukur ada layanan MCS yang datang mengunjugi desa kami. Kebetulan rumah saya dekat dengan lokasi MCS, jadi bisa datang untuk mencari informasi kemudian menyiapkan berkas untuk mendapatkan pelayanan,” ujar Danwalimah.

Danwalimah mengaku bahwa pelayanan MCS cepat karena antriannya yang tidak banyak, sehingga ia bisa kembali melanjutkan aktivitas lainnya setelah pelayanan selesai.

 “Saran saya kalau bisa BPJS Kesehatan ini lebih sering lagi datang berkunjung dengan MCS agar masyarakat yang berada jauh dariKantor BPJS Kesehatan dapat dengan mudah mengakses pelayanan karena tidak harus jauh-jauh datang ke kantor,” tambah Danwalimah.

Dalam kegiatan ini juga, BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan menyosialisasikan tentang Mobile JKN kepada peserta yang datang berkunjung dan membantu peserta untuk menginstalnya pada smartphone mereka.

“Ternyata untuk mengganti fasilitas kesehatan saya, bisa langsung akses melalui HP saya. Sungguh inovasi yang sangat bagus dari BPJS Kesehatan, sangat membantu bagi peserta seperti saya yang tidak sempat untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan,” ujar Danwalimah. (hf/tf)