07 Nov 2019
  |  
Dilihat : 64 kali

Sosialisasi Mobile JKN Untuk Update Data Peserta

Sidoarjo, Jamkesnews – Menyikapi fenomena banyaknya Peserta JKN-KIS yang melakukan perubahan data kelas kepesertaan Program JKN-KIS yang dimiliki, BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo kembali menggalakkan penggunaan Mobile JKN sebagai pilihan peserta memperbarui data kepesertaaan. Salah satunya adalah penyelenggaraan sosialisasi penggunaan Mobile JKN bagi Peserta JKN-KIS.

Kegiatan di Kantor BPJS Kesehatan Sidoarjo ini diselenggarakan sejak Selasa (5/11) dan terfokus pada prosedur pemnggunaan mobile JKN ketika akan melakukan perubahan data secara mandiri melalui Mobile JKN.

“Sehingga peserta tidak perlu lagi datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan. Perubahan data bisa dilakukan di rumah,” jelas Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo Rinaldi Wibisiono yang akrab dipanggil Aldi ini.

Sekitar 20 menit, Aldi menjelaskan pada peserta dimulai dari cara login kedalam aplikasi. Setelah peserta berhasil login kedalam aplikasi Mobile JKN, peserta dapat memeriksa mengenai data peserta yang telah terdaftar di database kepesertaan BPJS Kesehatan. Jika menurut database peserta dimungkinkan untuk melakukan perpindahan fasilitas kesehatan atau melakukan perubahan lain, maka peserta dapat melakukan perubahan secara mandiri.

Setelah berhasil mengubah, peserta dapat memastikan kembali perubahan data yang telah dilakukan. Proses perubahan data secara mandiri melalui aplikasi Mobile JKN total hanya memerlukan waktu sekitar 10-15 menit. Nantinya kartu peserta digital atau KIS DIgital akan secara otomatis mengikuti perubahan tersebut.

“Jadi peserta bisa lebih menghemat waktu jika melakukan perubahan secara mandiri di Aplikasi Mobile JKN. Tidak perlu mengorbankan tenaga maupun waktu untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan,” tambah Aldi.

Joko, salah satu peserta yang berencana untuk memindah faskes terdaftarnya menyatakan bahwa aplikasi ini  sangat memudahkan dirinya.

“Kalau tahu bisa diubah lewat aplikasi Mobile JKN, saya tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan. Bisa langsung dari rumah saja. Lebih hemat waktu,” jelasnya.

Ditemui di ruang kerjanya Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo Sri Mugirahayu menjelaskan bahwa sosialisasi ini sengaja digalakkan kembali untuk mengakomodir kebutuhan peserta yang akan melakukan perubahan data.

“Dari sisi pesertanya, diuntungkan karena lebih hemat waktu dan tenaga. Selain itu untuk mengurangi antrian di kantor BPJS Kesehatan, sehingga peserta lain yang akan melakukan pengurusan selain perubahan data juga bisa lebih cepat dilayani,” tutup Sri. (ar/rn)