06 Nov 2019
  |  
Dilihat : 129 kali

Makin Mudah, Layanan Kacamata Peserta JKN-KIS Kini Bisa Diperoleh di FKTP

Banda Aceh, Jamkesnews – BPJS Kesehatan terus memberikan kemudahan kepada pesertanya dengan tujuan untuk terwujudnya pelayanan prima sehingga masyarakat dapat mengakses pelayanan secara aman dan nyaman. Salah satu kemudahan yang baru-baru ini diwujudkan oleh BPJS Kesehatan yaitu berupa pelayanan kacamata yang dapat diakses di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tanpa harus dirujuk lagi ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) seperti rumah sakit.

“Sebelumnya untuk layanan penjaminan kacamata peserta harus dirujuk ke dokter spesialis yang ada di FKRTL, namun saat ini layanan kacamata dapat dilakukan oleh dokter yang ada di FKTP seperti di Puskesmas, klinik pratama dan dokter praktik perorangan. Jika pada FKTP tersebut tidak mampu menangani dapat dirujuk secara parsial/horizontal ke FKTP lainnya yang mampu,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Neni Fajar saat membuka kegiatan Sosialisasi Alur Pelayanan Kacamata kepada perwakilan optik mitra di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Rabu (05/11) di Banda Aceh.

Ia menambahkan perubahan alur pelayanan kacamata ini telah mendapatkan rekomendasi dari Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) bahkan khusus untuk Aceh, BPJS Kesehatan juga telah berkoordinasi dengan Perdami Aceh dan telah setuju dengan perubahan alur tersebut.

“Berdasarkan rekomendasi Perdami dan sesuai dengan ketentuan, pemeriksaan kelainan refraksi mata ringan atau sederhana merupakan salah satu kompetensi dokter pelayanan primer yang bisa tuntas diselesaikan di FKTP. Kita juga akan langsung melakukan pembekalan dan sosialisasi kepada dokter-dokter FKTP yang akan diberikan oleh dokter spesialis mata,” tambah Neni.

Salah satu perwakilan dari optik mitra BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Vina, mengaku sudah siap dengan perubahan alur pelayanan kacamata yang akan diberlakukan.

“Tentunya dengan perubahan alur pelayanan ini menjadi lebih mudah bagi si pasien dalam mendapatkan pelayanan kacamata dan juga kami dari pihak optik telah siap dengan pemberlakuan ini. Harapan kami agar dapat disosialisasikan kepada masyarakat agar masyarakat paham dan mengerti mengenai perubahan alur pelayanan kacamata,” ungkap Vina. (hf/rq)