06 Nov 2019
  |  
Dilihat : 54 kali

Pelayanan Mobile Customer Service Hadir di RSUD Wamena

Wamena, Jamkesnews - Mobile Customer Service(MCS) merupakan titik layanan berupa mobil yang dilengkapi dengan infrastruktur pendukung operasional pelayanan peserta untuk pendaftaran, perubahan data, cetak kartu dan pemberian informasi serta penanganan pengaduan.

Setiap hari kerja, petugas BPJS Kesehatan membuka layanan MCS di tempat-tempat keramaian di Wamena. Seperti yang terlihat dimana salah satu petugas sangat antusias memberikan penjelasan terkait Program JKN-KIS kepada seorang peserta. Layanan ini diberikan pada hari Selasa (05/11) di RSUD Wamena.

“Saya merasa sangat  terbantu dengan adanya pelayanan MCS dari BPJS Kesehatan Cabang Wamena di rumah sakit Wamena. Saya tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke Kantor untuk bertanya informasi pendaftaran,” ungkap salah satu peserta yang mengunjungi layanan MCS di rumah sakit, Martha Kossay.

Martha sendiri meminta informasi cara mendaftarkan anaknya ke dalam Program JKN-KIS yang dapat masuk ke tanggungannya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) .

Ditemui di tempat berbeda, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Wamena, Lamsah Rotua sidabutar mengungkapkan tujuan layanan MCS ini dimaksudkan untuk mengimplementasikan salah satu dari 3 fokus utama BPJS Kesehatan yaitu untuk meningkatkan kepuasan peserta khususnya optimalisasi kanal layanan yang didukung sarana dan prasarana yang menunjang dengan penguatan branding agar lebih mudah dikenal oleh masyarakat.

“Semoga dengan adanya layanan ini dapat meningkatkan kepuasan peserta, meningkatkan pemahaman peserta terhadap Program JKN-KIS, mendekatkan titik layanan kepada masyarakat, memberikan kemudahan peserta dalam mendaftarkan dirinya beserta anggota keluarganya, tercapainya komunikasi yang baik dengan peserta JKN-KIS dalam hal  pemberian informasi dan penanganan pengaduan secara dini,”ujar Lamsah.

Ia juga menerangkan kanal ini dijalankan semata-mata untuk memberikan yang terbaik kepada peserta dalam hal kemudahan memperoleh layanan dari BPJS Kesehatan.

“Dengan adanya layanan ini, harapannya Program JKN-KIS ini lebih dekat dengan masyarakat dan memberikan kemudahan dalam memperoleh informasi seputar Program JKN-KIS,” harapnya.

Selain di Rumah Sakit, MCS juga membuka layanan di Puskesmas-Puskesmas yang ada di Wamena. (TR/aa)