05 Nov 2019
  |  
Dilihat : 1528 kali

Puskesmas Gunung Tua Kini Hadirkan Dokter Spesialis

Padang Lawas Utara, Jamkesnews - Salah satu prinsip dari Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) adalah aksesibilitas, di mana pelayanan kesehatan yang bersifat komprehensif dan berkesinambungan bagi peserta JKN-KIS harus dapat diakses dengan mudah dan terjangkau dari lokasi tinggal para peserta yang tersebar di seluruh pelosok negeri.

Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Puskesmas Gunung Tua Kabupaten Padang Lawas Utara dalam mendukung hal tersebut adalah dengan melakukan kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Gunung Tua untuk melakukan visit dokter spesialis secara bergantian. Dokter spesialis yang berkunjung terdiri atas dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis anak, dan dokter spesialis paru. Masing-masing dijadwalkan untuk memberikan pembinaan ke Puskesmas Gunung Tua sebanyak 2 kali setiap bulan.

"Kegiatan ini merupakan wujud inovasi Puskesmas Gunung Tua untuk melaksanakan perannya sebagai gate keeper pelayanan kesehatan dengan mengutamakan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan dapat diakses seluruh lapisan masyarakat," kata Kepala Puskesmas Gunung Tua, Herlina Sonera, Senin (04/11).

Puskesmas Gunung Tua sendiri merupakan Puskesmas tujuan rujukan horizontal dari Puskesmas lain di wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara dengan kesedian sarana prasarana yang memadai, di antaranya memiliki fasilitas laboratorium tingkat pertama, USG, EKG maupun rontgen sehingga pelayanan yang diberikan dapat berjalan optimal.

Dalam keterangannya menerangkan bahwa kehadiran dokter spesialis di puskesmas menjadi hal yang sangat positif untuk menunjang pencapaian program Puskesmas Gunung Tua. Tidak hanya sambutan baik dari pasien, namun antusiasme juga datang dari tenaga kesehatan lain yang bertugas di Puskesmas.

“Di sisi lain kegiatan transfer knowledge dari dokter spesialis ini memeberikan dorongan moril bagi Puskesmas sebagai gate keeper pelayanan kesehatan dasar untuk menuntaskan pengobatan penyakit yang menjadi tanggung jawab kami. Sebelumnya beberapa penyakit non spesialistik belum dapat kami selesaikan di Puskesmas. Setelah keberadaan program ini Insya Allah kami kasus-kasus non spesialistik, baik bagi peserta Puskesmas Gunung Tua, maupun peserta yang dirujuk horizontal dari Puskesmas lain di wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara dapat tuntas tanpa dirujuk ke rumah sakit,” terang Herlina.

Lanjut Herlina, program ini dapat terwujud berkat peran seluruh stakeholder, termasuk Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Utara, RSUD Kabupaten Padang Lawas Utara dan BPJS Kesehatan Cabang Padangsidimpuan. Semuanya sepakat, output yang ingin dihasilkan dari kegiatan ini semata-maya demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Padang Lawas Utara. Herlina bahkan tidak menutup kemungkinan frekuensi kunjungan dokter spesialis akan ditambah, disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan kesiapan Puskesmas.

Sementara itu, pihak BPJS Kesehatan memberi apresiasi terhadap upaya yang dilakukan Puskesmas dalam memberikan pelayanan terbaik bagi peserta. Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Utara, Ester M. Suzanne mengungkapkan selama ini Puskesmas Gunung Tua telah memberikan pelayanan yang cukup baik kepada peserta JKN-KIS. Dirinya berharap kegiatan ini dapat dicontoh oleh daerah lain dengan turut melakukan inovasi yang bermanfaat bagi peserta.

“Puskesmas Gunung Tua selama ini menunjukkan peran aktif dalam meningkatkan kualitas kesehatan. Hal ini terlihat dari banyaknya kunjungan peserta ke Puskesmas, serta pelayanan yang bersifat promotif, preventif dan kuratif yang terkelola dengan baik. Program ini juga menunjang program rujuk balik bagi penderita penyakit kronis, karena peserta secara masif mendapat bimbingan dan konsultasi medis dari dokter spesialis. Ke depannya hal ini harus dipertahankan demi kemajuan kesehatan di Kabupaten Padang Lawas Utara," harapnya. (hf/fz)