05 Nov 2019
  |  
Dilihat : 30 kali

Tingkatkan Pemahaman Program JKN-KIS Lewat BPJS Kesehatan Goes to Customer

Pati, Jamkesnews – Sebagai badan publik yang menjunjung tinggi keterbukaan informasi kepada publik, BPJS Kesehatan Cabang Pati melaksanakan kegiatan yang bertajuk BPJS Kesehatan Goes to Costumer (GTC) di Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati, Senin (04/11). Kegiatan tersebut dihadiri oleh dari para pemangku kepentingan, diantarabta perangkat desa, pegawai instansi pemerintah daerah dan masyarakat di Kecamatan Sukolilo.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Pati Bonaventura menyampaikan bahwa kegiatan GTC ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk terus memberikan pelayanan prima kepada peserta melalui penyampaian informasi dan edukasi kepada masyarakat umum lainnya tentang Program JKN-KIS, mulai dari prosedur pendaftaran, alur pelayanan peserta, hak dan kewajiban peserta. Menurutnya, seluruh masyarakat harus mengetahui secara menyuluruh terkait penyelenggaraan Program JKn-KIS agar dalam pelaksanaannya tidak menimbulkan banyak keresahan yang dirasakan.

“Dengan melakukan kegiatan ini, kita dapat memastikan jika peserta dan masyarakat dapat memahami mengenai Program JKN-KIS, paling tidak peserta paham dan mengetahui prosedur pelayanan peserta. Para peserta yang hadir ini diharapkan dapat menyalurkan informasi yang telah didapat kepada peserta yang lainnya dan tidak terhenti sampai di tempat sosialisasi ini saja,” jelas Bonaventura.

Ia juga menambahkan bahwa sebenarnya masyarakat sudah tidak perlu khawatir akan informasi seputar Mobile JKN. Menurutnya, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi lewat aplikasi Mobile JKN atau dengan mengubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. Dengan begitu, seluruh informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat akan dapat terakomodir dan terjawab langsung oleh petugas BPJS Kesehatan.

Senada dengan Bonaventura, Kepala Camat Kecamatan Sukolilo Supeno mengatakan dengan adanya aplikasi Mobile JKN yang dibuat oleh BPJS Kesehatan sudah bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan kemudahan dalam mengakses pelayanan administrasi mendapatkan pelayanan kesehatan. Dirinya menambahkan bahwa selain aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan juga memberikan mobil layanan masyarakat atau Mobile Costumer Service (MCS) yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat dengan bersentuhan langsung untuk mendapatkan informasi dan pelayanan administrasi kesehatan.

“Kita juga dipermudah untuk dapat mendapatkan pelayanan BPJS Kesehatan dengan adanya MCS dan aplikasi Mobile JKN. Sebenarnya sudah cukup dengan aplikasi Mobile JKN saja, karena dengan satu aplikasi tersebut sudah banyak yang bisa dilakukan. Tapi melihat tren yang sedang bergerak di masyarakat kan mereka ingin langsung bertemu dengan petugasnya, maka dengan adanya Mobile Costumer Service ini bisa menjawab apa yang menjad pertanyaan masyarakat seputar Program JKN-KIS,” jelas Supeno. (ma/mn)