09 Okt 2019
  |  
Dilihat : 120 kali

Terapkan CoEx, BPJS Kesehatan Bireuen Bantu Perusahaan Percepat Layanan Administrasi

Bireuen, Jamkesnews – Selain berkoordinasi secara periodik dengan badan usaha, BPJS Kesehatan juga terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kepuasan para peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Untuk memudahkan badan usaha melakukan pengurusan administrasi kepesertaannya, BPJS Kesehatan juga menerapkan inovasi mekanisme penerapan kepatuhan badan usaha secara cepat berupa sistem CoEx (Compliance Express) bagi badan usaha di wilayah Kabupaten Bireuen.

Sistem CoEx membantu badan usaha untuk mempercepat proses administrasi pelaporan dan perbaikan data kepesertaan JKN-KIS pekerjanya. Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Bireuen Neri Eka Putri menjelaskan bahwa melalui sistem ini badan usaha dapat menyelesaikan langsung proses administrasi dalam satu kali tatap muka saja tanpa mengantri di loket layanan.

“Selama 3 hari ke depan, setiap harinya kita undang 21 badan usaha untuk datang ke kantor menjumpai petugas khusus kami dengan membawa berkas kelengkapan. Kalau setelah kita cek ternyata ada yang belum terdaftar, langsung kita bantu proses pendaftaran dan perubahan datanya,” jelas Neri, Selasa (08/10).

Adapun berkas kelengkapan administrasi yang diperlukan antara lain adalah data seluruh karyawan perusahaan dan keluarganya, data penghasilan karyawan, serta data-data karyawan yang sudah didaftarkan pada Program JKN-KIS. Tak hanya itu, BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Bireuen pun memberikan kesempatan para perwakilan badan usaha tersebut untuk berkonsultasi dan menanyakan hal-hal terkait pelayanan jaminan kesehatan.

“Kita akan terus berupaya tingkatkan kepuasan mereka, memberikan pelayanan terbaik sehingga mereka merasa nyaman dan bisa dengan kooperatif melakukan pendaftaran seluruh karyawannya, dan semoga kemudahan-kemudahan seperti ini bisa terus kami berikan,” tambah Neri.

Heny Sofia, salah satu perwakilan badan usaha yang hadir pada kegiatan CoEx, menyampaikan dukungannya atas kegiatan yang dipusatkan di Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Bireuen tersebut.

“Sangat senang ya seperti ini, tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengecek data atau mendaftarkan yang belum terdaftar, semuanya sekaligus dilakukan. Semoga kemudahan-kemudahan layanan seperti ini terus ditingkatkan oleh BPJS Kesehatan,” ujar Heny. (hf/pm)