09 Okt 2019
  |  
Dilihat : 20 kali

BPJS Kesehatan Ajak Stakeholders di Kecamatan Mejobo Bantu Sosialisasikan JKN-KIS ke Warga

Kudus, Jamkesnews - Dalam rangka mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Kudus dan memberikan pemahaman tentang Program JKN-KIS kepada masyarakat, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kudus melaksanakan kegiatan sosialisasi di Kecamatan Mejobo, Selasa (08/10).

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Kudus Daud Pujangga mengatakan, upaya untuk memahamkan masyarakat terkait Program JKN-KIS terus digalakkan dengan melibatkan Pemerintah Daerah setempat. Tak hanya itu, pihaknya juga secara aktif menggandeng partisipasi dari tokoh masyarakat seperti kepala desa, perangkat desa, bahkan bidan dan tenaga medis di fasilitas kesehatan Kecamatan Mejobo.

“Kita sampaikan jumlah penduduk yang belum terdaftar, dengan harapan dari tokoh masyarakat tersebut menyampaikan kepada warganya yang belum terdaftar untuk segera mendaftar,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, tingkat keaktifan masyarakat untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS di Kabupaten Kudus khususnya masih perlu dioptimalkan. Untuk itu, pihaknya memerlukan dukungan dari seluruh pihak untuk turut mengedukasi masyarakat agar lebih disiplin membayar iuran JKN-KIS agar program jaminan kesehatan tersebut dapat berjalan berkesinambungan.

Sementara itu, Kepala Desa Golantepus, Taufik, mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi yang baru saja diikuti sangat bermanfaat. Ia pun mengaku jika sekarang ia lebih paham bagaimana prosedur yang sebenarnya harus dilalui agar seseorang dapat dijamin Program JKN-KIS.

“Hak warga harus bisa tersampaikan dengan baik, yang mampu juga akan kita sarankan untuk mendaftar menjadi perserta JKN-KIS, yang tidak mampu akan kita bantu masukkan menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Rencana selanjutnya adalah menyosialisasikan kepada warganya secara menyeluruh, melalui RT, RW maupun berkeliling kampung,” katanya. (ma/rd)