08 Okt 2019
  |  
Dilihat : 61 kali

Jemput Bola, BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi Gelar MCS Di Rumah Warga Lampung Utara

Kotabumi, Jamkesnews – Memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh Peserta JKN-KIS dan masyarakat adalah misi BPJS Kesehatan yang salah satunya diwujudkan melalui kegiatan Mobile Customer Service (MCS). MCS)adalah titik layanan berupa mobil yang dilengkapi dengan infrastruktur pendukung operasional pelayanan peserta untuk pendaftaran, perubahan data, cetak kartu dan pemberian informasi dan penanganan pengaduan. Kali ini BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi berkesempatan untuk turun langsung memberikan layanan operasional kepada masyarakat Desa Blambangan Pagar melalui kanal MCS, Selasa (08/10).

“Ini bukan pertama kalinya BPJS Kesehatan menghadirkan kanal layanan MCS di desa kami, namun di setiap pelaksanaan kegiatan ini pasti warga beramai-ramai datang ke sini. Artinya kegiatan ini memang sangat bermanfaat bagi masyarakat dan selalu kami tunggu kedatangannya,” ujar Cik Imah, salah seorang warga yang rumahnya dijadikan tempat penyelenggaraan kegiatan MCS hari ini.

Lebih dari 40 warga memadati teras rumah Cik Imah dari pagi. Kebanyakan dari mereka ingin mencetak kartu KIS yang hilang dan mendaftarkan anggota keluarga, namun tidak sedikit juga yang sengaja datang untuk meminta informasi terkait alur pelayanan program JKN-KIS.

“Saya ke sini karena mau mendaftarkan anak bungsu saya. Lumayan kan, nggak perlu jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan lagi kalau ada kanal ini. Tinggal bawa berkas-berkas persyaratan saja, udah deh langsung bisa diproses. Nggak perlu ngeluarin ongkos juga kan jadinya,” kata Darmi, salah satu warga yang ditemui Tim Jamkesnews usai mendapatkan layanan operasional dari petugas.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kotabum Lia Y Surosa mengatakan, salah satu tujuan diadakannya kanal layanan MCS ini adalah untuk mengoptimalkan pelayanan dengan menggunakan konsep “Jemput Bola” sehingga diharapkan mengurangi antrian peserta di kantor cabang.

“BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi selalu berkoordinasi dengan perangkat desa setempat baik sebelum dan saat pelaksanaan kegiatan MCS. Hal ini perlu dilakukan agar perangkat desa dapat menginformasikan kepada seluruh warganya bahwa akan dilaksanakan kegiatan MCS sehingga warga bisa langsung menyiapkan segala berkas pendukung sebelum datang ke lokasi. Harapannya kanal layanan ini dapat memenuhi kebutuhan warga akan layanan operasional seperti di kantor cabang dan tentunya sebagai media promosi dan edukasi mengenai Program JKN-KIS,” kata Lia. (FR/rk)