08 Okt 2019
  |  
Dilihat : 25 kali

Pilot Project Desa JKN, 100% Warga Kelurahan Beringin Raya Sudah Jadi Peserta JKN-KIS

Bengkulu, Jamkesnews - Pemerintah Kota Bengkulu bersama BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu menggelar kegiatan evaluasi Desa JKN yang sudah berjalan selama satu tahun ini, Senin (07/010). Konsep Desa JKN adalah dengan menjadikan salah satu kelurahan di wilayah Kota Bengkulu dalam hal ini Kelurahan Beringin Raya sebagai pilot project Desa JKN yang seluruh penduduknya sudah menjadi peserta Program JKN-KIS dengan melibatkan partisipasi dari masyarakat secara perorangan, badan usaha, dan Pemerintah Kota Bengkulu.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu Adian Fitria menjelaskan konsep Desa JKN ini merupakan suatu unit pemerintah terkecil yang berperan aktif dalam upaya mandiri dalam melaksanakan empat aspek yaitu kepesertaan, pengumpulan iuran, pelayanan kesehatan dan pojok layanan peserta. Diharapkan Desa JKN ini dapat memandirikan komponen masyarakat agar mampu berswadaya dan bersama sama untuk mendaftar serta berswadana dalam memenuhi kewajiban membayar iuran.

“Di Kelurahan Beringin Raya sendiri sudah hampir 100 persen terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, namun saya juga akan sampaikan beberapa kendala terkait pelaksanaan Program JKN-KIS di Kelurahan Beringin Raya terutama terkait kolektabilitas,“ jelas Adian.

Sementara Sekertaris Kota Bengkulu Marjon mengatakan, pihaknya siap mendukung penyelenggaraan program Desa JKN yang dilaksanakan saat ini agar hasilnya maksimal.

“Kita selaku pemerintah akan membantu BPJS kesehatan menyosialisasikan pola hidup sehat kepada masyarakat. Dalam hal ini kita harus bekerjasama bagaimana agar Desa JKN menjadi identitas sebagai desa yang sehat. Apabila berhasil, harapannya Desa JKN di Kelurahan Beringin Raya ini bisa dicontoh oleh desa lain,” ujar Marjon.

Sampai dengan bulan September 2019, jumlah cakupan kepesertaan JKN-KIS di wilayah Kota Bengkulu telah mencapai 89,98% atau sebanyak 331.846 peserta dari total  368.784 Jiwa. (RW/dw)