07 Okt 2019
  |  
Dilihat : 59 kali

Pelayanan Administrasi Semakin Mudah Dengan Hadirnya MCS dari BPJS Kesehatan Sorong

Sorong, Jamkesnews – Mobile Customer Service (MCS) merupakan salah satu terobosan BPJS Kesehatan dalam meningkatkan pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) melalui prinsip jemput bola. MCS sendiri dilakukan dengan mendatangi peserta langsung di lokasi-lokasi strategis pelayanan publik sehingga peserta dapat memanfaatkan MCS ini untuk mendapatkan pelayanan pendaftaran, perubahan data, pemberian informasi dan penanganan pengaduan.

Kali ini BPJS Kesehatan Cabang Sorong menyambangi Kantor Walikota Sorong, Senin (07/10) untuk memberikan kemudahan bagi peserta yang ada di lingkungan tersebut. Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Ambar Permana mengutarakan bahwa MCS dapat menjadikan akses layanan kepada peserta lebih mudah tanpa harus ke Kantor Cabang terdekat.

“Dengan adanya MCS ini, kami rencanakan akan rutin dan terjadwal ke setiap instansi pemerintahan yang ada di Sorong Raya, dengan begitu masyarakat/peserta yang belum sempat mengurus keperluannya dapat lebih mudah mendapatkan pelayanan administrasi serta mendapat informasi yang dibutuhkan. Tak lupa juga kami turut memperkenalkan kepada setiap peserta untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN yang jauh lebih mempermudah kepengurusan JKN-KIS melalui handphone,”terangnya.

Mobile JKN merupakan Aplikasi yang dapat memberikan kemudahan kepada peserta JKN, dimana aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dapat mempermudah pengurusan administrasi peserta JKN-KIS seperti fitur mendaftarkan peserta, mengubah fasilitas kesehatan tingkat pertama, memperbarui identitas peserta, melakukan skrining online, dan banyak menu lainnya.

Ditemui tim Jamkesnews saat menyambangi langsung MCS BPJS Kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong Hermanus Kalasuat memberikan apresiasinya dan menyambut baik pelaksanaan MCS tersebut di instansi-instansi pemerintah. Menurutnya selain melayani masyarakat umum, BPJS Kesehatan tak lupa melayani peserta JKN-KIS yang mengalami kesibukan diwaktu kerja para pegawai tidak sempat untuk mengurus administrasi kepesertaan ke kantor BPJS Kesehatan

“Adanya MCS di Kantor Walikota ini sangat bagus karena memudahkan pelayanan yang dibutuhkan pegawai. Selain itu juga dapat mempererat silaturahmi antar BPJS Kesehatan dengan instansi-instansi pemerintah yang tentunya saling mendukung untuk menyukseskan pelaksanaan Program JKN-KIS," ujar Mermanus yang tak ingin kalah dengan pegawai lain hendak memperbaharui dan mencetak ulang kartu JKN-KIS miliknya.

Di sisi lain, kegiatan MCS tersebut telah hadir di Kantor Walikota mulai Jumat 04 Oktober 2019 yang lalu dan direncanakan sampai Selasa 08 Oktober 2019. Selanjutnya direncanakan akan membuka MCS di instansi-instansi pemerintah lainnya kedepannya. (TR/ws)